N3, Jakarta ~ Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/18). IIMS tahun ini akan diselenggarakan selama 10 hari, yakni 19-29 April 2018, mengambil tema “Your Infinite Automotive Experience”.

Presiden mengatakan, industri otomotif ke depannya dapat berkembang pesat di era Industri 4.0 dan mengingatkan bahwa akan ada gelojak pada saat di era transisi kendaraan listrik. Serta pesatnya perkembangan teknologi. Namun seiring dengan itu, Jokowi menyakini akan ada peluang baru dalam industri otomotif.

"Yang kita perlukan adalah melek, tahu, benar-benar mengikuti, benar-benar mendalami secara cepat dan mempersiapkan secara cepat. Saya optimistis dengan bakat yang kita punya, yang dimiliki Indonesia di sektor otomotif, saya yakin kita bisa garap peluang yang ada," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi membeberkan sejumlah prediksi mengenai industri otomotif dengan hadirnya kendaraan listrik. Di era itu, ada pihak yang memprediksi bahwa industri otomotif akan menciut sebesar 90 persen.

“Kendaraan listrik hanya menggendong komponen yang sedikit dan kendaraan tersebut jarang mogok. Dengan begitu, pada sektor perbengkelan maka akan mengalami penurunan. Itu prediksi prediksi yang saya nggak percaya. Yang pesimis-pesimis itu saya nggak percaya," ungkap Jokowi.

Usai membuka acara, Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga, Hartarto dan Seskab Pramono Anung serta pihak penyelenggara. menyempatkan diri untuk melihat beberapa stand yang ada di IIMS. Salah satunya adalah stand sepeda dan kendaraan listrik.

Pada perhelatan IIMS 2018, diramaikan oleh deretan mobil dari berbagai pabrikan yang menempati Hall A dan D. Di antaranya Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Honda, Hyundai, Mazda, Mini, Mitsubishi Motors, Mercedes Benz, Suzuki, Toyota, VW, Wuling Motors, DFSK.

Untuk bagi pencinta kuda besi juga dapat menyaksikan produk dari sejumlah merek di Hall C. Seperti dari Aprillia, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Emfield, dan Vespa.

Panitia juga membuka beberapa stand kuliner. Bahkan, Markobar dan Pisang Sang Kaesang yang merupakan milik kedua putra Jokowi ikut meramaikan stand makanan di IIMS 2018. Rel
 
Top