N3 Payakumbuh -  Dalam upaya menyemarakkan Gerakan Nasional Membacakan Buku (GERNAS BAKU 2018) untuk Anak Usia Dini, Bunda PAUD kelurahan SAPAKU Ny. Nurlini Nazril Ardi kunjungi PAUD Harapan Bunda dan PAUD Kembang Dahlia Kelurahan Sapaku baru-baru ini.

Kedatangannya terkait dengan adanya GERNAS BAKU 2018, diharapkan bisa mendekatkan kembali jalinan kasih antara anak dengan orang tuanya melalui sarana membacakan buku kepada anak.

“Saat ini dengan adanya dunia android dan smartphone di tengah anak-anak telah membuat hubungan emosional anak dengan orang tua berkurang, anak menjadi lebih bersifat tertutup dan individualis, untuk itu melalui gerakan membacakan buku kepada anak nilai-nilai hubungan kekeluargaan itu bisa muncul kembali dan menghilangkan ketergantungan anak terhadap smartphone,” ujar Nurlini.

Senada dengan itu, Lurah Sapaku Nazril Ardi Winata, S.Ip mengatakan GERNAS BAKU 2018 perlu didukung oleh semua pihak terutama peran dan fungsi orang tua harus dikembalikan ke tempat semula. Orang tua harus bisa meluangkan waktu bersama anak-anaknya minimal untuk bermain bersama dan membacakan buku untuk anak.

“Dengan adanya pendampingan dari orang tua kepada anak-anak dalam membacakan buku, maka suatu saat akan di hasilkan anak-anak yang gemar membaca buku,” ujarnya.

Lurah Sapaku juga mengajak seluruh orang tua dan wali murid agar bisa kembali bersama anak dalam membiasakan membaca sejak usia dini.

“Bangsa Jepang adalah bangsa yang maju karena mereka gemar membaca, untuk itu kita harus bisa meniru Jepang. Anak-anak adalah penerus generasi ini di masa mendatang karena itu perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top