N3 Limapuluh Kota - Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno mengapresiasi kegiatan Festival kuliner khas yang diselengarakan Pemkab Limapuluh Kota melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Taman bermain anak-anak, Aka Barayun, Lembah Harau, Selasa (17/4).

"Ini kegiatan yang sangat bagus, sebagai pelestarian budaya dan kuliner khas asli Limapuluh Kota di Sumatera Barat. Saya sangat senang berada disini, kuliner kita memang enak,"ujarnya membuka kegiatan tersebut sekaligus pembukaan pertemuan bulanan ketua PKK, GOW dan DWP se Sumatera Barat di kabupaten Limapuluh Kota.

Menurutnya, berkat adanya festival tahunan seperti ini akan menjadikan wisata Limapuluh Kota menjadi tujuan utama di Sumbar, karena selama ini kuliner menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Sumbar selain destinasi wisatanya. "Untuk kegiatan ini sangat mahal sekali harganya, kedepan teruslah menciptakan inovasi dan  kreasi agar kabupaten Limapuluh Kota semakin dikunjungi termasuk bagi PKK nya yang dikenal sangat kompak. Terimakasih kepada semua pihak atas tempat dan terselenggaranya acara ini, "tambahnya.

Sementara itu bupati Limapuluh Kota dalam sambutannya mengatakan acara Festival Kuliner khas Limapuluh Kota ini diharapkan mampu mendokrak wisata yang ada di Limapuluh kota, khususnya objek wisata Lembah Harau. " Kita sangat senang kehadiran ketua tim Penggerak PKK provinsi sumbar di Limapuluh Kota, mudah-mudahan dengan kedatangan ketua tim PKK beserta seluruh ketua PKK Kabupaten/Kota lainnya dapat lebih mempromosikan wisata kuliner dan destinasi wisata yang ada di daerah kita,"ujarnya.

Dikatakannya, Pariwisata merupakan salah satu mesin penggerak perekonomian masyarakat, sekaligus sebagi penghasil devisa bagi suatu daerah. Karena, pendapatan sektor wisata seringkali digunakan untuk mengukur nilai ekonomi suatu daerah, untuk itu, dibutuhkan pengembangan kepariwisataan dalam berbagai sektor. 

"Salah satu penggerak tersebut adalah kuliner khas Limapuluh Kota ini. Keinginan untuk melestarikan dan membangkitkan kepariwisataan melalui daya tarik rasa dan selera. Maka kabupaten Limapuluh Kota yang terkenal memiliki aneka ragam kuliner dapat dijadikan sebagai destinasi wisata, "tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Kadisparpora, Hj Nengsih mengatakan Festival Kuliner ini diselenggarakan sebagai bentuk kemeriahan hari jadi kabupaten Limapuluh Kota yang ke 177 serta kegiatan rutin yang digelar secara tahunan.

"Kita sengaja melibatkan 79 nagari dari 13 kecamatan. Tujuannya, bagaimana bisa menggali dan mempromosikan kuliner khas asli Limapuluh Kota ini, sehingga dapat menggerakkan perekonomian warga. Sebab, selain budaya dan adat-istiadat, Limapuluh Kota nyaris memiliki kuliner tradisi yang berbeda di setiap nagari, adapun beberapa menu yang ditampilkan diantaranya Rendang, Punju Ikan, Gulai beserta kuliner khas lainnya,"ujarnya.

Ikut hadir, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota, Monalisa Irfendi Arbi, wakil ketua PKK, Ny Eka Ferizal Ridwan, wakapolres, Eridal, Ketua pengadilan agama, seluruh ketua PKK  Kabupaten/Kota se Sumbar, beserta undangan lainnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top