N3, Pasaman ~ Kodim 0305/Pasaman menggelar latihan posko I tahun 2018 dengan mengusung tema, "Kodim 0305/Pasaman Siap membantu Pemda dalam menangani bencana alam di Wilayahnya". Selasa (24/4).

Kodim 0305/Pasaman menggelar latihan posko I tahun 2018 ini sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam.

Pada pembukaan latihan tersebut diawali dengan dilakukan Coffee Morning bersama Forkopimda Pasaman, SKPD dan Instansi lintas sektoral lainnya serta tokoh masyarakat Kabupaten Pasaman.

Pada kesempatan tersebut Kasi Ops Rem 032/Wbr Kol Inf Wawan Herawan selaku Kawasdal latihan Posko I memaparkan tentang berbagai langkah terkait penanggulangan bencana. 

“Lataihan Posko I merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” Paparnya, Kasi Ops Rem.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0305/Pasaman Letkol Arh Pri Isdiyanto S. Pd. yang mengatakan, "Latihan posko I dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan olah yudha, menyelenggarakan komando pengendalian operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu pos komando".

”Kegiatan ini dipusatkan di Makodim 0305/Pasaman", Katanya  Pri Isdiyanto,  "Latihan posko I itu mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi,  menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat, sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah,” kata Dandim.

“Perlu diketahui, sehari sebelum latihan dilaksanakan, telah dilakukan briefing penyelenggara, pendukung dan pelaku. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan selaku Daltas Lat bertempat di ruang data Makodim 0305/Pasaman".Jelasnya Letkol Arh Pri Isdiyanto. 

Lebih lanjut di katakan Dandim 0305/Pasaman, "Sesuai jadwal  latihan posko I dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 s/d 26 april 2018”. pungkas Dandim. (Penrem 032/Wbr)
 
Top