N3, Padang ~ Memperingati Hari Air Sedunia (Happy World Water Day), ratusan warga dari Kelurahan Pampangan dan Pengambiran Ampalu Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, laksanakan gotong royong, aksi bersih sungai anak Batang Jirak, Minggu lalu.

Dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mengatakan gotong-royong sebagai solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, terutama mereka yang membentuk komunitas-komunitas, karena dalam komunitas seperti ini akan terlihat dengan jelas kegiatan yang dilakukan seperti aksi bersih sungai kali ini.

"Kita memperhatikan aliran sungai dimana Lubuk Begalung umumnya rawan juga dengan banjir karena rentan dengan sampah yang berserakan. Lewat pembinaan Camat bersama Komunitas masyarakat peduli sungai, Tagana, KSB dan seluruh elemen masyarakat Kelurahan Pampangan dan Pengambiran Ampalu Nan XX, berinisiatif laksanakan kegiatan gotong-royong bersih sungai untuk tujuan  bersama. 

Diakui kegiatan ini belum maksimal, karena luasnya jangkauan yang akan dibersihkan. Aksi peduli dari masyarakat ini kita harapkan sebagai representasi untuk masyarakat agar bisa dijadikan sebagai agenda rutin kedepan. 

Untuk itu, dia berharap kegiatan ini berjalan secara berkesinambungan demi terciptanya lingkungan yang sehat dan asri. Apalagi, air merupakan sumber kehidupan. "Dengan menyelamatkan parit dan sungai otomatis telah meningkatkan sumber kehidupan air dan apa yang kita harapkan bersama untuk sungai yang bersih dapat tercipta,"  harapan politisi wanita dari Partai Gerindra ini. 

Selain itu Elly Thrisyanti juga mengajak masyarakat untuk rutin menjaga sungai dari sampah-sampah dengan menggiatkan gotong royong. "Masyarakat juga hendaknya jangan membuang sampah ke sungai. Mari kita jaga kebersihan sungai untuk kehidupan kita bersama," ajaknya. 

Ketua pelaksana, M. Zukra menyampaikan dalam mengisi kegiatan meperingati Hari Air Sedunia yang jatuhnya pada tanggal 22 Maret 2018 ini, maka pihaknya merintis kegiatan  dengan aksi bersih-bersih. Kegiatan ini dilaksanakan berinisiatif dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang dan untuk aksi bersih sungai kali melibatkan seluruh pihak yang berkompeten. 

Kegiatan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan. Komunitas masyarakat peduli sungai Kecamatan Lubuak Bagaluang menyambut baik apa yang disampaikan Ketua DPRD Kota Padang tadi. "Kedepannya kegiatan ini bersama Ketua DPRD Padang serta Camat Lubuk Begalung selaku pembina akan kita bicarakan lagi agar ini jadi agenda rutin, "pungkasnya. 

Menurut Camat Lubuak Bagaluang, Rosail Akhyari, sungai bukanlah tong sampah namun tempat sumber kehidupan biota air, begitu juga untuk ikan larangan. Aksi bersih anak Sungai Jirak ini gunanya menghimbau masyarakat setempat mencintai kebersihan lingkungan dan sungai sebagai sumber kehidupan. 

Menurutnya dengan kegiatan gotong-royong seperti yang dilaksanakan ini merupakan wujud dan bentuk kepedulian masyarakat dalam suatu lingkungan. Dan kegiatan gotong-royong dapat terjadi dalam beberapa aktivitas kehidupan.

Seperti kegiatan gotong-royong yang biasa dilakukan masyarakat seperti dalam bentuk kerja bakti, dilakukan untuk kepentingan bersama. Selain itu gotong-royong juga dalam bentuk tolong menolong pada saat melakukan pesta pernikahan dan khitanan. 

Bahkan gotong-royong dapat pula terjadi pada saat adanya musibah ataupun kematian. "Untuk itu mari bersama - sama kita tingkatkan dan biasakan  kegiatan gotong-royong dilingkungan kita masing-masing, "pungkasnya. 

Kegiatan gotong-royong bersih - bersih anak Sungai Jirak dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ini terlihat lebih meriah lagi dengan banyaknya hadiah doorprize serta hiburan live musik organ tunggal yang disediakan panitia. Dan berkesempatan saat itu Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti langsung menyerahkan hadiah utama berupa satu unit sepeda yang berhasil di peroleh salah seorang warga dari Kelurah. M7
 
Top