N3 Payakumbuh - Tertarik dengan gebrakan dan program-program yang dilakukan Lurah Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Nazril Ardi Winata, S.Ip, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat di bidang ketahanan pangan, Kadis Ketapang (Ketahanan Pangan) Kota Payakumbuh, Ir. Wal Asri berkunjung ke Kantor Lurah Sapaku, baru-baru ini.

Kadis Ketapang Kota Payakumbuh sengaja datang langsung ke Kelurahan Sapaku karena tertarik dengan gebrakan yang dilakukan oleh pemerintah kelurahan dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang ketahanan pangan.

"Saya ingin bertemu langsung dengan Lurahnya dan melihat langsung ke lapangan seputar berita yang saya dengar sebelumnya dari staf saya di Dinas Ketahanan Pangan. Saya sangat berterima kasih sekali kepada Lurah Sapaku karena telah membantu dinas, karena itu kami juga ingin ikut berpartisipasi dalam program kelurahan ini," ujarnya.

Wal Asri juga mengatakan akan memberikan bantuan untuk menunjang program hebat yang dilaksanakan Lurah Kelurahan Sapaku ini.

"Saya tahu kelurahan pasti tidak punya dana yang cukup untuk menunjang kegiatan ini, semangat pak lurah dan warga sudah cukup bagi kami, kami yang akan bantu semuanya. Bibit, polibag, dan pupuk akan kami bantu," simpulnya.

Mengetahui kedatangan tamu spesial, Lurah Kelurahan Sapaku Nazril Ardi Winata, S.Ip merasa sangat senang sekali karena sudah dikunjungi Kepala Dinas Ketahanan Pangan,

"Kedatangan Kadis Ketapang merupakan suntikan motivasi tersendiri bagi kelurahan, karena Bapak Kadis yang langsung mengunjungi ke kantor Kelurahan Sapaku," ujarnya.

Nazril menceritakan program yang dilaksanakan Kelurahan Sapaku kepada Wal Asri kalau Program Hijau Pekaranganku ini memang muncul setelah Lurah yang baru ditugaskan di Kelurahan Sapaku ini mencoba mencari potensi dan permasalahan yang ada di Kelurahan Sapaku.

"Karena saya baru 3 bulan bertugas di sini, jadi saya fokuskan melihat potensi dan masalah yang dihadapi masyarkat terlebih dulu. Hasil olah lapangan dan diskusi dengan beberapa tokoh masyarakat dan ibu-ibu di sini akhirnya salah satu program unggulan kami adalah dalam hal pemberdayaan masyarakat dengan mencetuskan Program "Hijau Pekaranganku" di Kelurahan," tuturnya.

Lurah Sapaku juga menambahkan program ini ke depannya akan berkolaborasi dengan TP. PKK Kelurahan dan juga KWT yang ada di Kelurahan Sapaku sehingga tercipta suatu sinergisitas. Harapan kami suatu saat nanti masyarakat Sapaku bisa sejahtera dan semangat dalam bertanam. Untuk menunjang program kami ini, pemerintah kelurahan juga berencana akan membuka pasar tani di halaman kantor KAN Aua Kuniang untuk menampung hasil pekarangan rumah warga dan juga KWT.

"Dengan adanya Pasar tani ini nantinya kami berharap suatu saat nanti kegiatan pertanian di Kelurahan Sapaku bisa tambah maju karena disokong dengan unsur penunjang pertanian terutama pasar penerima hasil tani," ujar lurah Nazril(Rahmat Sitepu)
 
Top