N3 Payakumbuh - Pemilik Mohede Accessories Hendra Devianto sukses dengan usahanya membuat berbagai macam souvenir hingga memberikan pelatihan pembuatan dasar souvenir yang beralamat di belakang Kantor DPRD Kota Payakumbuh kelurahan Tanjung Gadang.

Kesuksesan yang diraih Hendra tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, "Berawal dari mengakhiri karir di sebuah perusahaan pembiayaan, karena tak ingin kembali ke dunia itu, kini saya bertekad fokus dengan usaha sendiri. Membuat berbagai macam souvenir menjadi pilihan utama karena usaha ini sudah menjadi sampingan/hobi saya ketika bekerja dulu, "ungkap Hendra di rumahnya Kelurahan Tanjung Gadang Koto Nan Ampek, Selasa (24/4) kepada wartawan.

Dikatakan Hendra, Berbagai souvenir bisa dibuat ditempatnya seperti pin, gantungan kunci, mug,  pena, id card/ kartu pelajar, medali, stiker dan sebagainya dengan Motif dan gambarnya bisa suka-suka dengan harga yang bersaing di pasaran, dan apabila ingin jadi reseller tentu akan mendapatkan harga yang lebih spesial yang pastinya menguntungkan," ajak Hendra.

Permintaan souvenir saat ini sudah mulai banyak, baru beberapa bulan Hendra fokus menjadi pengrajin souvenir, berbagai pesanan pun mulai berdatangan dari berbagai daerah di Sumatera Barat, mulai dari Padang, Pariaman, Padang Panjang, Solok, Pasaman, Batusangkar, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan dari Payakumbuh sendiri, dan yang berada di dalam kota bisa langsung ke lokasi produksinya di belakang Kantor DPRD Kota Payakumbuh kelurahan Tanjung Gadang, buka dari pukul 08.00 s/d 21.00 WIB," ucap Hendra.

Hendra menambahkan, permintaan souvenir ini umumnya berasal dari sekolah-sekolah, Perkantoran Pemerintahan swasta, ajang event atau ajang perlombaan maupun pesanan pribadi untuk cendramata atau untuk koleksi pribadi, bahkan pesanannya sampai ke Propinsi Riau seperti Pekanbaru dan Duri.

"Sayapun siap jika diminta memberikan pelatihan pembuatan berbagai souvenir disekolah-sekolah, karena disekolah seperti SMK juga dipelajari aplikasi multimedia semacam ini sebagai salah satu pelajaran kejuruannya, "ungkap Hendra lulusan teknik elektro UNP ini.

Owner Mohede accessories berharap dapat perhatian khusus dari Pemko Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan UKM seperti pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan hasil produksi kami, sehingga kami bisa berinovasi dan siap bersaing di pasaran serta berdaya saing dalam menghadapi globalisasi," harap Hendra.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh H. Dahler, SH sangat mendukung inovasi kreatif yang dilakukan Hendra.

“Karena Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Koperasi dan UKM siap mewujudkan SDM yang handal, sehat, komptetitif dan membangun perekonomian yang tangguh, unggul, berdaya saing serta berkeadilan dengan berbasis ekonomi kerakyatan dan memunculkan gerakan ekonomi bersama," simpul Dahler. (Rahmat Sitepu)
 
Top