N3 Payakumbuh - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kota Payakumbuh laksanakan lomba adat budaya dengan mengusung tema “Kita Jadikan Adat Budaya sebagai Momentum Pelestarian Adat Budaya Daerah Kota Payakumbuh" dimulai tanggal, 18 sd 19 April 2018 di pelataran parkir Medan Bapaneh  Ngalau Indah, Rabu (18/5).

Acara ini dibuka Ketua Dekranasda Hj Henny Riza Falepi dan Ketua GOW Kota Payakumbuh Hj. Mahdalena Erwin Yunaz, Kepala Disparpora kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, Kepala OPD terkait, Ketua KAN se Kota Payakumbuh, Ketua Bundo Kanduang beserta tamu undangan lainnya.

Ketua Dekranasda Hj Henny Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan lomba adat budaya ini merupakan perwujudan Pemerintah kota Payakumbuh untuk melestarikan adat dan budaya Minang,
“dengan terlaksananya lomba ini dapat memberikan efek positif bagi generasi muda yang ada di Kota Payakumbuh dan dapat melestarikan adat budaya kita," ujar Hj Henny Riza Falepi.

Hj Henny berharap adat budaya Payakumbuh ini semakin berkembang dengan baik dan terus dilestarikan melalui generasi muda sehingga kita tetap memiliki kekayaan budaya kita.

“Generasi muda juga diharapkan dapat mempelajari dan mendalami budaya-budaya dengan salah satu contoh, bagaimana teori memasang takuluak, tata cara bahasa dengan teori beralas pantun ba alua, sehingga adat budaya kita dapat dirasakan manfaatnya serta bisa kita lestarikan sampai ke anak cucu kita nantinya,” harap Hj Henny Riza Falepi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Efriza Zaharman didampingi Kabid Kebudayaan Nirdawati menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan budaya adat basandi syarak, syarak basandi khitabullah, (ABS-SBK) dimana generasi muda yang ada di Kota Payakumbuh ini mengerti akan adat dan budaya daerah,” harap Nirdawati. (Rahmat Sitepu)

 
Top