N3 Payakumbuh - Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Payakumbuh kembali menambah 5 titik kamera pemantau CCTV di tiap persimpangan di pusat Kota Payakumbuh. Tahun 2017 sebelumnya Diskominfo hanya memasang 2 titik, yaitu di persimpangan Tugu Adipura dan persimpangan Kasda.

Pada Tahun 2018 ini ditambah lagi menjadi 5 titik, diantaranya di persimpangan Masjid Muhammadyah, simpang Benteng, simpang Labuah Basilang, simpang Napar dan persimpangan Bunian.

Kabid e-Government Diskominfo Payakumbuh Armein Busra mengatakan kepada wartawan, Rabu (18/4) disela-sela pemasangan CCTV, kamera pemantau CCTV kita tambah lagi di 5 titik, dengan sering terjadinya kemacetan dan kawasan rawan kecelakaan lalu lintas di beberapa persimpangan. Untuk itu, sebelum ramadhan, seluruh kamera tersebut telah terpasang, daerah yang kita pasang ini merupakan daerah yang rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan.

”Seluruh kamera terpantau di Diskominfo dan akan memparalelkan sambungan kamera pengawas tersebut ke Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh dan Polresta Payakumbuh serta nantinya akan terkoneksi langsung sampai ke Pusat,” ujar Armein.

Selain memantau arus lalu lintas, Armein juga menyatakan, dengan adanya kamera pemantau tersebut, beberapa waktu lalu satuan reserse kriminal Polres Payakumbuh juga terbantu dalam pengungkapan beberapa kasus pencurian kendaraan bermotor yang terekam kamera CCTV.

“Beberapa waktu lalu kamera yang ada di persimpangan tugu adipura merekam aksi curanmor. Dengan hasil rekaman tersebut, polisi dapat mengungkap dan menangkap pencuri tersebut,” tambah Armein Busra.

Armein Busra berharap, dengan adanya kamera pemantau ini, seluruh aktivitas lalu lintas dapat terpantau dan kita targetkan pengaturan Lalu lintas dan kewaspadaan kriminalitas pada Bulan ramadhan bisa berjalan maksimal. (Rahmat Sitepu)

 
Top