N3 Limapuluh Kota - Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementrian BUMN RI, Harry Fajar Sampurno meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Limapuluh Kota binaan BNI, di Kenagarian Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kamis (5/4).

Ikut Hadir, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, President Devisi komunikasi perusahaan corporate sosial responsibility BNI, Meliana, CEO BNI wilayah Padang, Manager Coorporate responsibility PT Bukit asam, Forkopinda beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Harry Fajar Sumpono mengatakan Rumah Kreatif Limapuluh Kota ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) untuk dilakukan pengembangan dalam memasarkan produk secara global.

"Di era yang semakin digital pelaku usaha harus mampu memajukan usahanya, untuk itu diperlukan pembinaan dan pemasaran yang baik, disinilah fungsi rumah kreatif Limapuluh Kota ini,"ujarnya.

Disamping itu, selain rumah kreatif BNI juga berperan dalam menyediakan modal yaitu KUR dan kredit usaha lain. Ini merupakan salah satu RKB yang didirikan oleh BNI di berbagai lokasi di Indonesia. "Nantinya semua produk UMKM akan di akomodir, mulai dari pendaftaran produk, pemasaran dan penjualan online, dengan harapan nantinya mensejahterakan masyarakat Limapuluh Kota,"tambahnya.

Dijelaskan Harry, selain mendapatkan pembinaan pemasaran produk, pelaku UMKM yang ada di kabupaten itu juga bisa memasok produk di situs Blanja.com, jadi produk hasil masyarakat ini bisa di beli di seluruh Indonesia bahkan internasional.

"Selama ini banyak produk masyarakat yang bagus-bagus, namun sayangnya dengan kurangnya pasar menjadikan produk sulit dipasarkan. Mudah-mudahan rumah kreatif ini mampu menjembatani pelaku UMKM. Kita yakin  ini akan menjadi percontohan bagi rumah kreatif lainnya," pungkasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan terimakasih dan apresiasi atas kehadiran rumah kreatif BUMN di Limapuluh Kita. Menurutnya, kehadiran Rumah Kreatif BUMN ini sangat berperan penting sebagai pusat informasi dan mampu memberikan solusi yang dihadapi pelaku UMKM.

“Perhatian BUMN sangat luar biasa terhadap kabupaten Limapuluh Kota, semoga program rumah kreatif ini memberi kontribusi produktif bagi UMKM, saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih,"ujarnya.

Setelah diresmikan, rombongan bersama bupati memotong pita tanda dibukanya rumah kreatif BUMN di Kenagarian itu. Disinilah, pelaku UMKM bisa mendaftar dan merasakan fasilitas seperti ruang analisis data, ruang digitalisasi, ruang belajar, ruang konsultasi dan mendapatkan keuntungan memasarkan produk di situs blanja.com.

Produk-produk UMKM yang dipasarkan diantaranya, rendang, ganepo, rendang belut, kripik ubi, tenun, bordir kebaya serta produk UMKM lainnya. (Rahmat Sitepu)

 
Top