N3, Padang ~ Danrem 032/Wirabraja yang di wakili Kepala Seksi Perencanaan Korem 032/ Wirabraja Kolonel Inf A. T.  Chrishardjoko Mengikuti Acara Rapat Koordinasi (Rakor) 
untuk mendukung kemajuan pariwisata Mentawai di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Mentawai.Jln Taupejat Km. 04.

Saat Rapat Koordinasi Perencanaan Percepatan Pembangunan Mentawai, 
Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin mengatakan, "pembangunan pelabuhan itu penting sebagai pintu utama bagi wisatawan yang akan masuk ke Mentawai. "Ini menjadi prioritas," kata Ridwan

Selain pelabuhan Padang, infrastruktur kolektivitas yang jadi program prioritas di Mentawai adalah penyelesaian trans Mentawai, Pelabuhan Mabukku, perluasan Bandar Udara Rokot yang sedang berproses, Pelabuhan Labuan Bajou, dan bandara internasional dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Jadi Kita memastikan Kata Ridwan, "bahwa konektivitas pulau bagi masyarakat utamanya terjamin ketersediaanya, yang tadi nya ada satu Pelabuhan Mabukku yang masih didiskusikan apakah dibangun oleh pemerintah atau investor, dan sementara ini kami sepakat dibangun oleh pemerintah,"

Kelompok kedua merupakan pembangunan sarana air bersih di Siberut dan Sipora. Ketiga Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Sikakap sudah berjalan dengan tujuan untuk meningkatkan industri perikanan bagi nelayan kemudian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Sementara Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan, kelanjutan pembangunan trans Mentawai dan pelabuhan atau dermaga sangat penting untuk menghubungkan antar daerah dan antar pulau di Mentawai seperti dari Siberut Barat, Labuan Bajou, sampai Mabukku Siberut Barat Daya dan dilanjutkan ke Sipora Utara, kemudian lanjut ke Sipora Selatan Sao dan di situ akan dibuat dermaga menghubungkan Pagai Utara".katanya bupati

Pembangunan trans Mentawai dari Labuan Bajou sudah berjalan atau terbuka sepanjang 1 Km lebih oleh TNI Kodim 0319/Mentawai, dan masih ada 167 Km yang akan dibuka dan diserahkan ke Panglima TNI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepulauan Mentawai.

Disamping itu wawancara Kasiren 032/Wbr Kolonel Inf A. T Chrishardjoko mengatakan Korem 032/Wbr sudah menurunkan Anggota dalam hal ini Kodim 0319/Mentawai dalam pelaksanaan buka jalan  yang saat ini sudah terbuka 1 Km lebih yang dikerjakan oleh Angota Kodim 0319/Mentawai.

Lebih lanjut dikatakan Kasiren, "Kami TNI siap membantu pemerintah daerah dalam kegiatan tersebut dalam bentuk Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), harapan kami di 2019  kegiatan ini dapat terwujud. (Penrem 032/Wbr)
 
Top