N3 Limapuluh Kota - Sedikitnya, 27 Siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh lulus SMPTN  dan diterima di perguruan Tinggi Negeri. Hal ini diungkapkan, kepala sekolah setempat Teno Ganefri ketika memberi sambutan perpisahan sekolah siswa kelas 12 di Kenagarian Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Rabu (18/4).

Ikut Hadir, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Kapolsek Payakumbuh, AKBP Hikmah, Camat Payakumbuh, Amel Nazra, walinagari, tokoh masyarakat, wali murid beserta undangan lainnya.

Menurut Ganefri, tahun ajaran ini ada 199 siswa kelas XII yang mengikuti perpisahan sekolah, dan akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. "Sebenarnya bukan perpisahan, tetapi melepas para siswa menuju gerbang masa depan. Alhamdulilah, 27 orang lulus SMPTN di perguruan tinggi,"ujarnya.

Dirinya berharap, seluruh siswa kelas XII ini bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi sehingga nanti akan mampu membawa harum nama sekolah SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. "Teruslah berjuang anak-anakku, kejar cita-cita kalian setinggi mungkin, berinovasilah demi masa depan,"tambahnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya berharap para siswa ini melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. "Jangan bilang tamat SMA berhenti mengenyam pendidikan, karena masih ada jenjang pendidikan lainnya yakni perguruan tinggi, teruslah belajar jadilah serjana yang bisa membanggakan orang tua,"ujar bupati.

Karena kedepannya kalian-kalianlah yang akan melanjutkan pebangunan di negeri ini. Bila dari sekarang tidak dipersiapkan ilmu yang matang, wawasan yang cerdas, otomatis negeri ini, daerah ini dan semua akan tertinggal dengan daerah lain.

"Untuk itu, berpaculah sekuat tenaga dalam mencari ilmu tersebut dan kepada kedua orangtua harus berusaha keras, agar anak-anaknya bisa belajar ke jenjang yang lebih tinggi, usahakan anak-anak kita bisa menjadi sarjana, tidak ada lagi alasan kekurangan biaya untuk tidak melanjutkan perguruan tingi" harapnya.

Dirinya mengapresiasi, banyaknya siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh yang lulus SMPTN di perguruan tinggi, "Selamat kepada siswa yang lulus SMPTN ini, kepada siswa yang belum lulus  ujian ini terus berjuang melanjutkan pendidikan di pergurian tinggi,"ungkapnya.

Dikatakan bupati, perpisahan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya, diharapkan setelah sukses nanti selesai kuliah ataupun sukses di dunia pekerjaan bisa kontribusi kepada sekolah dan pembangunan daerah di Limapuluh Kota.

“Karena anak-anak saya inilah yang akan menentukan kemajuan Limapuluh Kota kedepan. Maka dimanapun keberadaan kalian nanti harus membawa nama baik daerah khususnya sekolah ini,” Tutur Bupati

Terakhir, Irfendi menyampaikan apresiasinya kepada Guru-guru SMAN Kecamatan Payakumbuh. "Saya ucapkan terima kasih atas jasanya membentuk karakter dan juga membuat cerdas anak-anak bangsa terutama anak-anak dari Kabupaten Limapuluh Kota, karena anak-anak ini semua aset bangsa dan aset daerah ini,"pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top