N3 Payakumbuh - Dalam upaya memelihara aset Kota Payakumbuh yang sudah dibangun dan akan segera difungsikan, Walikota Payakumbuh bersama Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh dibantu tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan gotong royong dilokasi Pasar Padang Kaduduak, Jumat (9/3).

Hujan yang mengguyur lokasi Goro tidak mengurangi semangat Walikota untuk berbaur bersama-sama ASN dan THL di kedua Dinas tersebut untuk membersihkan lokasi Pasar Padang Kaduduak. Sambil memegang cangkul, Walikota Riza Falepi terlihat bersemangat mendatarkan tumpukan tanah yang terlihat belum rata di lokasi itu.

“Hujan adalah rahmat, sekali-kali Goro dalam kondisi hujan ini perlu juga dicoba, katanya bisa menambah imunitas tubuh,” ujar Wako Riza sembari mencabut rumput dan membersihkan pohon pelindung yang sudah mulai tumbuh berdahan.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menanam Pohon Mahoni sebagai pohon pelindung di pinggir tanah di areal Pasar tersebut. “Kita berharap saat pasar beroperasi nanti, pohon ini sudah bisa berfungsi sebagai pohon pelindung yang rindang,” tambah Wako Riza.

Walikota juga meminta Kadis Koperasi dan UKM Dahler untuk mengusahakan pembebasan lahan untuk akses jalan masuk menuju lokasi pasar. “Saya harap akses jalan masuk bisa dibuat dua jalur, lengkap dengan lampu penerangan di sisi kiri dan kanan. Jika ada yang mau jual tanah di sekitar sini beli saja, untuk menunjang fungsi pasar,” ujar Wako Riza kepada Dahler.

Wako Riza optimis dengan perkembangan Pasar Padang Kaduduak kedepan sebagai pusat pasar baru setelah pasar raya dan pasar ibuh di Kota Payakumbuh.

“Dulu waktu Pasar Ibuh dibangun, banyak juga yang kurang setuju, dengan berbagai alasan, kenyataannya sekarang banyak yang mau beli atau ngontrak. Perkembangannya juga sangat maju, jadi kita Bismillah saja,” beber Wako Riza.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dahler mengatakan, Pasar Padang Kaduduak ini akan diresmikan menjelang Bulan Ramadhan (Puasa) tahun ini. “Insyaa Allah menjelang bulan puasa kita resmikan, jadi sebelum itu kami dari Dinas Koperasi dan UKM akan melaksanakan Goro setiap hari Jum’at,” kata Dahler.

Ditambahkan, disamping aset terjaga, pelaksanaan Goro rutin setiap Hari Jumat dilokasi pasar tersebut bisa mengurangi kesibukan saat waktu peresmian nanti.


“Pasar Padang Kaduduak ini nantinya akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kota Payakumbuh. Dengan luas area pasar lebih kurang 5 hektar, nanti juga akan dibangun sentral industri UMKM dan perkampungan rendang di sekitar lokasi ini,” pungkas Dahler. (Rahmat Sitepu)
 
Top