N3 Payakumbuh - Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) yang dicetuskan Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh sejak dua tahun yang lalu terus berlanjut. Kali ini, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz menunaikan shalat Subuh berjamaah bersama warga di masjid Ar-Ruhama Sungai Durian, kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Senin (12/03). Usai shalat, Erwin pun berikan ceramah di hadapan puluhan jamaah.

Dalam ceramahnya, Erwin menyampaikan masjid sebagai basis dan tempat berkumpul umat dalam memulai perjuangan. Karena Rasulullah menjadikan masjid tidak hanya untuk ibadah dan dakwah, namun juga untuk musyawarah, mengatur strategi, mengurus ekonomi, bahkan perang.

Untuk itu Erwin menekankan, melalui GSB, semangat umat terutama generasi muda harus dipupuk untuk kembali ke masjid. Harus dibiasakan sejak kecil agar generasi muda cinta ke masjid. Bahkan tempat bermain anak-anak itu di masjid.

“Saya sendiri sekarang membawa anak saya Mua’mmar Abdillah Yunaz untuk Subuh Berjamaah ke sini. Meski masih terlihat mengantuk, harus dididik sejak kecil. Perjuangan orang tua dan pendahulu kita terdahulu tak jauh dari masjid. Mari ramai dan makmurkan masjid,” tegas Erwin.

Di sisi lain, Erwin menegaskan jajaran Pemko Payakumbuh harus menjadi teladan dalam melakukan GSB. Memberi contoh yang baik kepada warga. Ada kekuatan yang luar biasa ketika kita mengikhlaskan diri mengabdi untuk umat. Sehingga kecintaan kita kepada negeri ini melebihi kecintaan kita kepada diri sendiri.

Di akhir ceramah, Erwin mengatakan perlunya pergerakan yang besar agar tempat berkumpul umat selalu di masjid. Misalnya gerakan ekonomi dengan saling berjual beli di internal umat sendiri.

”Potensi ekonomi umat sangat besar. Buktinya selama ini umat Islam telah membuat orang-orang di luar Islam menjadi orang terkaya. Oleh karena itu mari kita terus pelihara kesadaran kita. Umat harus bangkit dimulai dari masjid sebagaimana perjuangan Rasulullah dahulu,” pungkasnya.

Usai ceramah, Erwin yang didampingi Kabag Kesra Ul Fakhri beramah-tamah dengan warga sambil mendengarkan masukan dan saran dari warga tentang persoalan masyarakat termasuk infrastruktur di lingkungan tempat tinggalnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top