N3 Payakumbuh - Sebanyak 487 peserta utusan dari sekolah di kota Payakumbuh mengikuti seleksi paskibraka yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh baru-baru ini.

Dikatakan Kadisparpora Efriza Zaharman kepada wartawan via selulernya, Selasa (27/3) peserta seleksi berasal dari utusan SLTA negeri dan swasta yang ada di kota Payakumbuh.

Pelaksanaan seleksi dilakukan selama tiga hari dengan tim seleksi dari TNI, POLRI dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Payakumbuh.

“Para calon pasukan pengibar bendera pusaka akan menerima materi seperti mengukur tinggi badan dan berat badan untuk putera 170 cm dan putri 160 cm. Kemudian untuk calon paskibraka yang akan mengikuti seleksi tingkat propinsi dan nasional 175 cm dan putri 165 cm. Sementara itu berat badan harus proporsional," ujar Chece panggilan akrab Efriza Zaharman.

Selain itu materi yang akan disampaikan selama seleksi berupa PBB (Peraturan Baris Berbaris) jasmani, kesehatan, push up, seth up. Kemudian test pengetahuan umum, budaya dan psiko test. Selain itu peserta/anggota Paskibraka terbaik akan dikirim  untuk mengikuti seleksi provinsi dan nasional.. (Rahmat Sitepu)
 
Top