N3 Payakumbuh - 180 orang siswa SD Se Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang digelar SDI Raudhatul Jannah bekerjasama dengan PT. Kuark Internasional baru-baru ini di Aula YPI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh.

Syamsuardi selaku Kepala SDI RJ mengatakan kepada wartawan, Jumat (2/3) via selulernya, Olimpiade Sains Kuark merupakan olimpiade sains terbesar di Indonesia yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan untuk ke-12 kalinya.

“Berbeda dengan olimpiade sains lainnya, OSK memberikan kesempatan kepada seluruh siswa/siswi tingkat sekolah dasar untuk berpartisipasi, tanpa dibatasi oleh nilai akademik mereka," ujar Syamsuardi.

Ditambahkan, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa sekolah dasar di Indonesia untuk berkompetisi dibidang sains berskala nasional, memupuk rasa percaya diri, dan membangun kecintaan terhadap sains sejak dini.

Setiap tahun tingkat partisipasi peserta dari seluruh Indonesia terus meningkat. Tahun 2017 jumlah peserta mencapai 93.156 orang. Tahun 2018 ini peserta diperkirakan mencapai 100 ribuan orang, dimana SDI RJ mendapat kepercayaan menjadi salah satu penyelenggara dari 371 OSK Center.

“Bagi SD Islam Raudhatul Jannah ini merupakan kali kedua dipercaya oleh panitia pusat OSK sebagai penyelenggara setelah sukses sebagai penyelenggara ajang ini pada tahun 2017," bebernya.

Dalam gelaran Olimpiade Sains Kuark 2018 ini, Kuark Internasional juga mengajak para peserta pada khususnya untuk melakukan aksi mencegah perubahan iklim, melalui lomba foto Aksiku untuk Lingkungan.

Turut hadir pada acara pembukaan OSK, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh diwakili Refmayeti, Wakil Ketua YPI RJ Amir dan para pembimbing dan undangan lainnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top