N3 Payakumbuh - Tidak sedikit Masjid atau Mushalla yang dibenahi dan dibersihkan jelang Ramadhan 2018 ini di Kota Payakumbuh. Kebiasaan dan tradisi membersihkan mesjid dan mushalla dengan cara bergotong royong (goro) dilakukan warga biasanya pada hari libur. Diperkirakan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada 16 Mei 2018 mendatang.

Seperti terlihat pada Minggu pagi (11/3), menjadi hari yang baik bagi warga penghuni Komplek Perumahan Ngalau View untuk bersilaturahmi dengan melakukan goro bersama di Mushalla As Sakinah yang menjadi kebanggaan warga setempat. Pengurus Mushalla dengan sengaja mengundang dan mengumumkan kegiatan goro di Mushalla, di sebuah Mushalla ajang silaturahmi terjalin utuh jelang memasuki Ramadhan.

Ketua Mushalla As Sakinah H. Taufik mengaku kegiatan ini merupakan hal yang biasa dilakukan, tujuan utamanya untuk menjalin silaturahmi antara warga. Sehingga saling merekat jalinan silahturahmi.

"Dengan goro ini warga saling bertimbang maaf sebelum menjalani ibadah Ramadhan, maklumlah kita tinggal di komplek, semuanya sibuk dengan profesi masing-masingnya. Dengan goro di mushalla ini, semua warga berkumpul dan para ibu RT mengantarkan jedah ringan. Kebersamaan semakin meningkat," kata Taufik.

Taufik juga mengatakan, warga komplek sangat antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, hal itu terlihat dari keikhlasan warga Komplek untuk membantu membersihkan Mushalla kita ini.

“Alhamdulillah, warga sangat antusias untuk menyambut bulan suci Ramadhan dilihat dari mereka secara ikhlas ikut merapikan masjid dan mushalla. Setelah selesai Goro, kegiatan ditutup dengan makan bersama dan shalat Dzuhur,” ucap Taufik.

Kegiatan yang sama juga tampak dilaksanakan warga kelurahan Payolansek. Dikoordinir langsung Lurah Budi Kurniawan, warga tampak sibuk membersihkan semua ruas jalan yang ada di kelurahan ini, karena Minggu lalu jalan utama menuju mesjid telah juga digorokan. Sementara di Mesjid Al Ikhlas Payolansek sedang dilaksanakan wirid rutin Majlis Ta'lim Kota Payakumbuh yang juga dihadiri lurah bersama tokoh masyarakat setempat. (Rahmat Sitepu)
 
Top