N3 Payakumbuh  - Kota Payakumbuh dikunjungi rombongan pelaku usaha mikro dari negeri jiran, Sabah, Malaysia,. Kunjungan robongan ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Benni Warlis bersama Ketua Dekranasda Ibu Hj Henny Riza Falepi di ruang kerja Walikota di bukik Sibaluik, Rabu, (7/3)

Rombongan pelaku UKM dari. Malaysia ini di pimpin oleh Mat Saleh dari University Sabah Malaysia dan didampingi oleh Asniati dari Universitas Negeri Padang, turut hadir dalam acara tersebut Ketua GOW, Hj. Mahdalena Erwin Yunaz, Sekretaris Koperasi dan UKM, Andri Narwan, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian yang di hadiri oleh Kabid Perindustrian, Faizal. Kabag Protokol, Firdaus, Kabid Kehumasan, Irwan Suwandi.

Kedatangan roombongan ini dalam rangka untuk melakukan Studi Banding tentang Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Kota Payakumbuh yang selama ini dikenal cukup berhasil di Provinsi Sumatera Barat.

Dalam bincang bincang di ruang kerja walikota Payakumbuh Sekdako Benni Warlis mengungkapkan  apresiasi yang tinggi atas kunjungan dari rombongan UKM dari Malaysia,

“Selamat datang kami sampaikan kepada rombongan dari negara  jiran . Kita menghatapkan kedua belah pihak (Payakumbuh – Sabah) nantinya akan terjalin hubungan silahturahim dan saling tukar menukar informasi tentang perkembangan usaha mikro di antara keduanya, “ucap Benni Warlis.

Ditambahkan Benni Warlis, Payakumbuh memiliki banyak produk UKM diantaranya aneka jenis makanan seperti rendang, Batiah, galamay, dan berbagai macam kerajinan seperti Sulaman, bordiran serta Tenun Balai Panjang yang saat ini gencar dipromosikan dari Istana Negara sampai Ke London.

Benni Warlis juga menyampaikan bahwa Rendang Payakumbuh memiliki keunikan rasa bila dibandingkan dengan rendang daerah lain di Sumatera Barat, salah satu keunikannya terletak pada spesifik santan kelapanya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Ibu Hj Henny Riza Falepi, menyambut gembira kedatangan rombongan pelaku UKM dari Sabah, Malaysia tersebut, Henny mengharapkan akan tercipta kerja sama di bidang pemasaran hasil produksi UMKM, serta mengharapkan adanya investasi pengembangan produk UMKM kota Payakumbuh dan SDM,

“Kami berharap nantinya akan tercipta kerja sama kedua belah pihak di bidang pemasaran hasil produksi UMKM, serta adanya peluang investasi pengembangan produk UMKM kota Payakumbuh dan SDM,“terang  Henny Riza Falepi.

Rombongan kemudian melanjutkan peninjauan ke Pondok Promosi Ngalau Indah, Rumah Tenun Balai Panjang dan Kerumah Produksi Rendang Gadih Payolansek, di penghujung acara rombongan dijamu oleh Ketua Dekranasda makan siang di rumah Dinas Walikota jalan Rky. Rasuna Said Tiakar Kota Payakumbuh.(****)
 
Top