N3 Payakumbuh – Dalam rangka mempersiapkan penilaian UKS Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang direncanakan pada bulan Juli 2018 mendatang, Pemko Payakumbuh menggelar Rakor UKS Tingkat kota di aula Balaikota Bukik Sibaluik dipimpin Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Bidang SDM Ruslayeti baru-baru ini.

Selain dihadiri Kepala Kankemenag bersama Kepala Dinas Pendidikan, rakor ini juga dihadiri langsung Tim Pembina UKS Kecamatan dan pimpinan OPD terkait UKS.

Kepala Kankemenag Asra Faber didampingi Kasi Pendidikan Madrasah Darius, mengatakan kepada wartawan, Jumat (2/3) di ruang kerjanya, menyatakan siap berikan dukungan demi suksesnya Payakumbuh dalam menghadapi Penilaian UKS Tk. provinsi Sumatera Barat.

"Walau madrasah jajaran Kankemenag tidak ikut mewakili Payakumbuh dalam lomba UKS tahun 2018, kita tetap siap berikan dukungan penuh. Sukses Payakumbuh adalah sukses kita dan demikian juga sebaliknya. Belajar dari pengalaman juara I di MTsN 1 Payakumbuh, mendukung lomba ini kita siap mendukung secara moril dan metril. Kita akan kerahkan semua potensi yang ada, sesuai arahan pimpinan, nantinya," sebut Darius.

Sebelumnya dalam sambutan, Staf Ahli Bidang SDM Ruslayeti sekaligus Wakil Ketua II Tim Pembina UKS kota Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta rakor.

" Terima kasih atas kehadiran kita semua, rencana rakor ini akan kita langsungkan pada Bulan januari lalu, namun karena kesibukan diawal tahun anggaran, sehingga rakor ini baru bisa kita gelar hari ini. Sebagaimana disampaikan pembawa acara, bahwa ada 4 sekolah yang akan mewakili Payakumbuh dalam lomba UKS, yakni TK IT Adzkia, SDN 8 Payakumbuh, SMPN 3 Payakumbuh dan SMKN 2 Payakumbuh," Ruslayeti awali.

Diterangkannya, Lomba UKS bukan asing lagi bagi kita di Payakumbuh, tapi makna sehat punya cakupan luas yang kita palut dengan sehat lahir bathin mesti diimplementasikan dalam satuan pendidikan yang akan berlomba. Kita sebagai unsur dari sekolah, sering pandang sebelah mata dengan makna bersih.

Tapi, Kami yakin Tim Pembina yang bertindak sebagai motivator bisa berikan contoh bagaimana itu sehat dalam makna luas. Mari kita motivasi diri, menang bukan tujuan utama. Motivasi lahir bathin muncul dari dalam jiwa pembina dan satuan pendidikan. Jalin kebersamaan, sehingga seluruh personil yang ada di satuan pendidikan sebagai sasaran, ikut berpartisipasi termasuk masyarakat lingkungan sekolah.

Untuk persiapan UKS tingkat SMP sederajat, Kita tidak perlu lagi studi banding karena Prediket nomor 1 Nasional tingkat SLTP sudah ada di tangan kita, yaitunya MTsN 1 Payakumbuh. Jangan habis disana dan terlena dengan kemenangan, karena mempertahankan lebih berat dari pada berburu juara. Kalau tidak 3 sekolah kita yang masuk nominasi, berarti keempat sekolah kita mesti menang UKS Tingkat Provinsi. Mari kita membuka diri untuk kebaikan semua," terang Ruslayeti.

Rapat koordinasi Persiapan Penilaian UKS Tk Provinsi Sumatera Barat ini dimoderatori Kabag Kesra diwakili Kasubbagnya, Hadiati dan tampak dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala dinas kesehatan, Kepala PUPR, Kepala Bappeda, Kadis Pertanian serta tim terkait lainnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top