N3 Payakumbuh - Dalam rangka meningkatkan sinergitas tim pembina dan peningkatan serta pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di kota Payakumbuh, pemerintah daerah melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) sekretariat daerah menggelar kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) UKS/M di Aula Lantai III Balaikota Payakumbuh, Bukik Sibaluik,  Selasa (13/3).

Walikota yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yoherman dalam sambutannya mengungkapkan berbagai persoalan yang dihadapi UKS/M di kota Payakumbuh. 

"Sekolah saat ini terlalu fokus kepada peningkatan nilai akademik siswa, sedangkan pendidikan agama dan pendidikan karakter kurang dilaksanakan. Sehingga persoalan UKS muncul seperti kurangnya anggaran, semangat kepedulian, kerjasama hingga komitmen dari semua unsur untuk mendukung pelaksanaan UKS di masing-masing sekolah",  ungkap Yoherman.  

Walikota berharap berbagai persoalan yang dihadapi UKS/M tersebut dapat ditemukan solusinya, salah satunya melalui kegiatan rakerda yang akan dilaksanakan ini. 

"Melalui kegiatan ini saya berharap berbagai persolan UKS yang kita hadapi dapat terpecahkan dan ditemukan solusi-solusi cerdas dalam menghadapinya, " harap Yoherman mengakhiri sambutannya. 

Sementara itu Kepala Bagian Kesra yang diwakili Hadiyati melaporkan bahwa kegiatan rakerda diikuti oleh 75 orang peserta.  

"Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 75 orang yang terdiri dari tim Pembina UKS Kecamatan se-kota Payakumbuh yang terdiri dari tim kesehatan dari puskesmas, UPTD Dinas Pendidikan dan dari kantor kecamatan sendiri.  

Kemudian kegiatan ini juga diikuti kepala sekolah dan guru tim pelaksana UKS dari 4 jenjang pendidikan, mulai dari TK/RA sampai tingkat SMA/MA/SMK sederajat”, simpul Hadiati kemudian. 

Rakerda tersebut dilaksanakan selama satu hari dalam bentuk pemaparan materi dan diskusi panel. Narasumber berasal dari  pembina UKS/M kota Payakumbuh di antaranya Ruslayetti dan Desmon Korina serta menghadirkan dua orang pemateri tingkat provinsi yaitu Wiwi Febriani dari Bagian Kesra Biro Bintal Sekretariat Daerah Provinsi dan Ali Akbar dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.  

Turut hadir pada acara pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Jhoni Indra, narasumber, hadirin dan undangan lainnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top