N3 Payakumbuh - Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB). Tim dibentuk untuk mempercepat penanganan bencana yang terjadi di lapangan dengan melibatkan sejumlah OPD terkait di jajaran Pemko Payakumbuh, baru-baru ini.

“Pembentukan TRC ini nantinya akan dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Payakumbuh, “ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh Yufnani Away, Rabu (14/3) di ruang kerjanya.

Dikatakan, keberadaan TRC dengan melibatkan OPD diluar BPBD disebabkan sifat bencana membutuhkan penanganan dari berbagai aspek.

“Saat bencana terjadi, domain penanganan menjadi luas, butuh banyak pihak terlibat, tidak bisa hanya BPBD saja. Misalnya persoalan bantuan yang menjadi domain dinas sosial, kesehatan korban yang menjadi domain dinas kesehatan dan berbagai aspek lainnya,” beber Kepala BPBD yang akrab di panggil Aci ini.

Dijelaskan, kita berharap ketika bencana menimpa warga Payakumbuh, maka semua lembaga atau instasi yang terkait harus sama-sama ke lapangan untuk menanggulanginya, TRC merupakan representasi keterlibatan semua dinas atau instansi kita tersebut.

”Kesadaran bahwa penanganan bencana merupakan tanggungjawab bersama penting merupakan target utama pembentukan TRC ini, dengan itu maka bencana dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” pungkas Yufnani Away. (Rahmat Sitepu)
 
Top