N3 Payakumbuh - Dalam upaya merespon himbauan Kapolres Payakumbuh melalui Kapolsek kota Payakumhuh Kompol Russirwan untuk kembali menggalakkan ronda malam, puluhan warga kelurahan Payolansek dipimpin Lurah Payolansek Budi Kurniawan menggelar gotong royong mendirikan Pos Ronda di lingkungan kelurahan setempat, Minggu (25/3). Bersama warga, Lurah Budi terlihat bersemangat mendirikan Pos Ronda agar bisa segera dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas ronda malam yang sudah mulai berjalan di kelurahan Payolansek.

"Hari ini kita sengaja membangun satu Pos Ronda baru di kelurahan Payolansek, tepatnya di RT.02/ RW II yang kebetulan belum memiliki pos ronda sendiri. Mudah-mudahan dengan adanya pos ronda baru ini, warga kami khususnya di RW II semakin bersemangat melaksanakan ronda malam," ujar Lurah Budi Kurniawan.

Dikatakan, dengan dibangunnya pos ronda baru tersebut, maka total saat ini Kelurahan Payolansek telah memiliki 6 (enam) buah pos ronda.

"Sebelum ini kita punya lima buah Pos Ronda, satu pos di RW I, satu pos di RW III, dan tiga buah pos di RW 4. Dengan dibangunnya satu pos Ronda baru ini di RW II, maka seluruh RW di kelurahan kami telah memiliki pos ronda," terang Lurah Budi didampingi Ketua LPM H. Syukri Yusuf

Ditambahkan, pihaknya berharap dengan terbangunnya pos ronda baru tersebut, aktivitas ronda malam di Kelurahannya dapat berlangsung dengan baik.

"Alhamdulillah seluruh warga menyambut baik himbauan kami untuk kembali melaksanakan ronda, mudah mudahan dengan kembali bergulirnya ronda ini, keamanan di kelurahan bisa tetap terjaga dan yang tak kalah penting adalah persaudaraan dan persatuan warga akan semakin menguat. Bersama warga, kita ingin Payolansek menjadi kelurahan percontohan, SDA nya sangat mendukung untuk itu," imbuh Budi.

Selain membangun pos ronda sebagai pusat siskamling dan berkumpulnya karang taruna dan dasawisma, Budi Kurniawan sang lurah inovatif ini selalu ingin menjadikan Kelurahan Payolansek sebagai kelurahan terbaik dalam segala hal.

"Mewujudkan mimpi warga Payolansek untuk menjadikan Payolansek sebagai percontohan dalam segala hal, tentunya tidaklah mudah, butuh dukungan semua pihak. Hampir 1 bulan ini kami gelar goro setiap Ahad, baik di fasilitas lingkungan dan rumah ibadah. Goro kali ini, selain membangun pro ronda kita juga bangun Zebra Cross 3 Dimensi. Lumayan bagus lah. Intinya kita selalu ingin jadi yang terbaik. Perencanan bersama kedepannya adalah, kita akan bangun objek wisata pertanian di kawasan Baliak Payolansek. saat ini kita sedang mencari kata sepakat dengan donatur. 

Disamping itu, rencana ini juga telah mendapat dukungan warga dan tokoh masyarakat. Di tengah persawahan akan kita bangun kafe kolong. Pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan pertanian dan persawahan. Kesempatan ini kami sedang mengkaji pengaruh sampah dan amdal yang mungkin timbul oleh kafe tani ini. Ini baru rencana dan masih tahap pengkajian," simpul Budi Kurniawan. (Rahmat Sitepu)
 
Top