N3, Sarolangun ~ Kepala Dinas TPHP Sarolangun Joko Susilo mengatakan, betapa pentingnya menjaga lahan pertanian agar tidak terjadi alih fungsi lahan.  Mengingat lahan pertanian yang ada di Kabupaten Sarolangun cenderung berkurang setiap tahunnya.

“Pentingnya memberi pemahaman kepada para petani tentang larangan alih fungsi lahan pertanian, khususnya kepada masyarakat petani yang ada di Sarolangun,” ujar Joko Susilo.

Sebab, lahan pertanian sangat dibutuhkan baik untuk tanaman pangan dan holtikultura serta padi, apalagi jumlah penduduk yang ada di Sarolangun terus bertambah,sudah barang tentu  kebutuhan akan pangan juga pasti bertambah.

“Jika lahan pertanian berkurang sudah pasti menimbulkan masalah,”terang Joko.

Oleh karena itu, pemerintah sudah membuat Perda tentang larangan alih fungsi lahan.“Jika masyarakat petani melakukan alih fungsi lahan, sudah pasti akan ada sangsi,"tegas Joko.

Joko Susilo menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan Perda tentang larangan alih fungsi lahan tersebut, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas TPHP tidak henti-hentinya mensosialisasikannya. (SRF)
 
Top