N3 Payakumbuh - Personil Trantib dibawah naungan Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh tertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar Tradisional Ibuh dan Pusat Pertokoan kota Payakumbuh, Selasa (13/3).

Petugas Trantib melakukan pemantauan dan penyisiran di lokasi pasar dan menemukan beberapa pedagang kaki lima yang menggelar dagangannnya di bahu jalan pasar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dahler melalui Kasi Trantib Afrizal di sela-sela penyisiran mengatakan kepada wartawan, pihaknya hanya melakukan pendekatan persuasif dengan pedagang yang menggelar dagangannya di bahu jalan.

“Penertiban disini kami lakukan dengan langkah persuasif dan memberikan pemahaman terhadap para pedagang yang menggunakan bahu jalan untuk menggelar dagangannya,” ungkap Afrizal.

Ditambahkan, penyisiran dilakukan berdasarkan pantauan petugas di lapangan dan terlihat sempitnya salah satu ruas gang/jalan di pasar tradisional Ibuh dan pusat pertokoan Payakumbuh.

“Dari hasil penyisiran ditemukan beberapa orang pedagang yang menggelar dagangan di bahu jalan, kami meminta kepada para pedagang untuk menggeser dan memindahkan dagangan mereka agar tak menghambat lalu lintas pejalan kaki. Dan hal tersebut tidak luput kami berikan sosialisasi dan pemahaman terhadap PKL,” pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top