N3 Payakumbuh - Walikota Payakumbuh Riza Falepi meresmikan Kantor Lurah Koto Kociak Kubu Tapak Rajo (K3TR) Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis (8/3) kemarin. Gedung baru tersebut persis bersebelahan dengan gedung kantor Inspektorat kota Payakumbuh di jalan menuju Pasar Ibuh Timur.

Hadir pada peresmian tersebut, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi beserta beberapa kepala OPD se Kota Payakumbuh, Ketua KAN Koto Nan Gadang Dt. Patiah Baringek, Ketua Panitia Pembangunan H. Nusyirwan, Lurah, LPM, PKK, niniak mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat se Kecamatan Payakumbuh Utara.

Ketua panitia pembangunan H. Nusyirwan kepada wartawan, Jumat (9/3) di kediamannya, mengaku senang dan bangga dengan penggabungan kelurahan serta terbangunnya kantor lurah baru tersebut.

“Sebelum bergabung, tiga kelurahan lama belum memiliki kantor sendiri, semuanya meminjam. Alhamdulillah dengan bergabung kita mendapat kantor lurah baru yang sudah lama diidamkan masyarakat, terim kasih pak wali," ujar H.Wan, sapaan akrab Nusyirwan.

Dikatakan, keberhasilan menggabungkan tiga kelurahan lama yaitu Kelurahan Labuah Baru, Kelurahan Kubu Gadang dan Kelurahan Balai Kaliki menjadi satu kelurahan baru bernama Koto Kociak Kubu Tapak Rajoo merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

“Pak wali dan jajarannya pantas diapresiasi, sebab tidak mudah menggabungkan antara dua kelurahan lama bercorak heterogen dengan satu kelurahan lama bercorak homogen kedalam sebuah kelurahan baru. Ini luar biasa," jelas H. Wan.

Ditambahkan oleh Ketua LPM Kelurahan K3TR Muspon Eri Dt. Rangkayo Bosa, banyak persoalan yang dulu rumit diselesaikan, otomatis terselesaikan dengan berdirinya Kelurahan K3TR.

“Alhamdulillah dengan bergabungnya tiga kelurahan lama menjadi satu kelurahan, beberapa persoalan antara tiga kelurahan lama langsung terselesaikan, seperti masalah batas wilayah Balai Kaliki dengan Labuah Baru dan sengketa teritoral Rumah Sakit Adnaan WD masuk kelurahan mana, itu semua langsung selesai," beber Dt. Rangkayo Bosa.

Sebelumnya saat peresmian tersebut, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi menyatakan bahwa pembangunan kantor lurah baru merupakan rangkaian kegiatan penguatan fungsi kelurahan melalui program penggabungan kelurahan.

“Sebagai wajah pemerintah dilapangan, pemerintah kelurahan perlu diperkuat dengan SDM yang cukup dan kelengkapan sarana penunjang yang memadai seperti kantor, sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik," kata Nofriwandi.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya bersyukur dengan terbangunnya kantor lurah baru tersebut. “Alhamdulillah kita sudah bisa bangunkan kantor lurah yang representatif, kedepan kita akan lengkapi sarana pendukungnya, jadi pak lurah dan staf harap layani masyarakat dengan baik, perbanyak senyum agar masyarakat senang dengan layanan kita," kata Wako Riza.

Dikatakan, pihaknya senantiasa memberikan perhatian yang serius dalam hal pelayanan publik dan usaha usaha pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Pembagunan dan pelayanan harus kita berikan kepada masyarakat, itulah fungsi utama pemerintahan. Alhamdulillah untuk standar pelayanan publik ini kita termasuk yang terbaik di Sumatera Barat menurut penilaian Ombudsman,"  tambah Riza.

Wako Riza juga melihat Kelurahan K3TR memiliki banyak potensi lahan yang bisa dikembangkan. “Kelurahan kita dekat dengan aliran air sungai, kenapa tidak kita bangun menara air yang airnya bisa dimanfaatkan buat pertanian bahkan bisa disuling untuk kebutuhan yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi," ujar Wako Riza.

Kegiatan peresmian Kantor Lurah K3TR ditandai dengan pemukulan gong dan pembukaan selubung plang merk kantor lurah oleh Walikota Riza Falepi. Acara ditutup dengan makan bajamba diruangan kantor lurah baru. (Rahmat Sitepu)
 
Top