N3, Sarolangun - Aneh tapi nyata, ada sungai yang airnya bisa membuat beku benda yang ada disekitarnya. Percaya tidak percaya, fenomena langka itu benar-benar ada di Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Fenomena alam ini terjadi di sungai yang ada didesa Batin Pengambang, Kecamatan Batang Asai,yang mana selama ini warga sering menyebutnya sungai Renah Air Beku.

Salah satu pemuda desa Batin Pengambang, Ardiansyah yang sudah pernah kelokasi sungai tersebut menuturkan jika ada hal aneh dengan air sungai tersebut.

"Setiap benda yang jatuh ke sungai tersebut, seperti daun dan ranting pohon tidak bergerak, sedangkan airnya mengalir dan lama kelamaan benda tersebut akan dibalut oleh air seperti membeku,"tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika dahulu memang warga desa sedikit takut untuk kesungai ini, karena disebut-sebut sebagai sungai yang berdewa.

"Dari dulu warga agak takut ke sungai itu, karena katonyo bedewo, "ucapnya dengan bahasa daerah.

Melihat fenomena ini dan ingin mengetahui ada apa dengan air sungai tersebut, Ardiansyah membawa sample airnya ke Dinas LH Sarolangun untuk diuji lab.

Kepala Lab Dinas LH Sarolangun Fefa Sri Rahayu saat dikonfirmasi mengatakan, akan menguji kadar air tersebut dengan uji parameter fisika untuk mengetahui kandungan PH, DHL, TDS dan DO air.

"Kita hanya bisa menguji parameter fisika nya saja, sedangkan untuk menguji kandungan apa yang ada dalam air tersebut memakan waktu yang lama dan untuk uji itu juga tidak bisa di sini, "ungkap Fefa.

Namun ia menambahkan akan  berkoordinasi dengan Provinsi terkait hal tersebut. (SRF)
 
Top