N3 Payakumbuh - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dan sekaligus Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA) Lingkungan di Pemerintahan Kota (Pemko) yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Balaikota Payakumbuh nan di Bukik Sibaluik, Rabu (21/3).

Sosialisasi ini di buka Walikota Payakumbuh diwakili Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Payakumbuh Ir.H. Benni Warlis, MM dan dihadiri Direktur Kearsipan Daerah II Arsip Nasional Drs. Asep Mukhtar Mawardi bersama Tim, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Alfiandri, SS, dan di ikuti oleh Kepala OPD terkait di lingkungan Pemko Payakumbuh beserta Tim dan admin sampai ke kelurahan sebagai peserta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Zulinda Kamal dalam sambutannya menyampaikan, peserta GNSTA ini diikuti 15 Kepala OPD terkait dengan 4 peserta diantaranya Kepala, Sekretaris, Kepala Bidang, Kasubag/kasi dan admin di Perangkat Daerah yang diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 20-24 Maret 2018.

Dikatakan Zulinda, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi Kepala Perangkat Daerah dan jajaran tentang pengelolaan arsip yang benar, yang didukung oleh sistem informasi kearsipan yang handal serta menerapkan aplikasi pengelolaan arsip sebagai bagian dari e-government.

Sekdako Benni Warlis dalam sambutannya menyampaikan, Arsip merupakan salah satu identitas bangsa, berperan sebagai penyelamat wilayah negara dan penyimpul pemersatu bangsa, Oleh karena itu, arsip perlu diselamatkan sebagi bukti rekaman penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Melalui kegiatan sosialisasi ini Sekdako berharap bisa meningkatkan kan kemampuan sumber daya manusia pengelola kearsipan di semua perangkat daerah, diharapkan seluruh Perangkat Daerah yang mengikuti sosialisasi ini agar dapat menerapkan aplikasi SIKD secara baik dan berkelanjutan. (Rahmat Sitepu)
 
Top