N3 Payakumbuh - Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz berkesempatan memberi kuliah umum (Stadium General) pada pembukaan perkuliahan semester genap Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Qur’an Kota Payakumbuh. Kegiatan berlangsung di Kampus II STAIDA di Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan pada Sabtu (17/02) dengan tema Membentuk Jiwa Wirausaha Qur’ani.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Y.B Dt. Parmato Alam, Ketua Yayasan STAIDA, Hasan Basri, Ketua STAIDA Ahmad Deski, MA, Lurah Limbukan Syafwani, para dosen dan mahasiswa serta tokoh masyarakat Kelurahan Limbukan.

Dalam kuliahnya Wakil Walikota mengatakan perlu membangun dan menumbuhkan jiwa wirausaha dikalangan generasi muda Islam. “Generasi muda Islam harus berwirausaha sebagaimana Nabi Muhammad dan para sahabat utamanya adalah para pengusaha. Karena sembilan dari sepuluh pintu rezeki yang diturunkan Allah adalah kepada orang yang berusaha”, ujar Wawako Erwin.

Dikatakan, wirausahawan yang akan dibentuk adalah wirausahawan yang berlandasan dengan nilai-nilai agama, bukan wirausahawan yang mencari keuntungan dengan menghalalkan segala cara.

“Landasan berusaha itu harus benar yaitu berdasarkan Al Qur’an dan Hadis. Contohlah prinsip berwirausaha Rasulullah sehingga rezeki yang diperoleh halal lagi baik serta keberkahan dapat diraih”, ujar Wawako Erwin.

Ditambahkan, “Kalau kita mau mulai usaha, yang penting sekali adalah niat harus karena Allah, lalu pilih jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar dan kita punya ilmu didalamnya. Jika sabar dan ikhlas, insyaa Allah ia akan berkembang dan sukses”, beber Wawako Erwin sembari menceritakan kisahnya menjadi pengusaha multi-nasional sebelum terpilih sebagai Wakil Walikota Payakumbuh.

Dipenghujung kuliahnya, Wakil Walikota memberikan Tips berwirausaha kepada mahasiswa STAI Darul Qur’an. “Tentukan produk yang akan diusahakan, rencanakan pembiayaannya, dimana tempat strategis untuk usaha tersebut dan lakukan promosi. Silahkan dicoba, mudah-mudahan sukses”, pungkas Wawako Erwin..(Rahmat Sitepu)
 
Top