N3 Payakumbuh - Khatam Al-Quran tingkat dasar di Payolinyam kelurahan Tigo Koto Diateh akhirnya selesai juga dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2018 yg dipusatkan di Mesjid Nurul Jannah Payolinyam. Kegiatan perayaan khatam Al-Quran ini diikuti 64 orang peserta, yang terbagi 20 putra dan 44 putri, ungkap panitia khatam Quran Oyon kepada wartawan.

Menurutnya, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini merupakan untuk memberikan semangat dan motivasi serta dorongan kepada anak-anak dan generasi muda untuk meningkatkan kegiatan dalam mempelajari Al-Quran dan Al-Quran sebagai pedoman hidup di dunia dan akhirat bagi ummat islam yang wajib untuk mempelajarinya.

Adapun tema yg di angkat pada kegiatan khatam Al-Quran ini ialah "kita tingkatkan pendidikan Al-Quran sedini mungkin terhadap anak demi generasi penerus ummat islam untuk masa yg akan datang".

“Sumber dana untuk pelaksanaan nya pun didapatkan dari iuran para wali murid peserta, dari sumbangan berjenjang masyarakat Payolinyam dan sumbangan dari donatur dan para perantau. Dari total pengeluaran yg dihitung oleh pihak panitia untuk pelaksanaan kegiatan ini menembus angka Rp 116.350.000,-," pungkasnya.

Khatam Al-Quran ini sudah terselenggara semenjak tanggal 14 Januari 2018 kemaren. Selama kegiatan ini berlangsung 1 bulan penuh yakni dari 14 Januari sampai 14 Februari 2018, terbagi atas 6 bagian kegiatan. Di awali dengan kegiatan Kopak Rambai yg berlangsung dari 14 Januari sampai 5 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah / Mushalla Nurul Hidayah, kegiatan Mamanggia Niniak Mamak pada 29-31 Januari 2018 di Kebahagian koto nan gadang, kegiatan Baadok-adok Minimal Mamak pada 5 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah, kegiatan Basimak pada 10-11 Februari 2018 di Mesjid Nurul Jannah, dan kegiatan perayaan khatam Al-Quran nya berlangsung pada 14 Februari 2018 sekaligus kegiatan penutupan juga dilangsungkan di hari yg sama.

Pada penutupan perayaan khatam Al-Quran ini ikut dihadiri oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, Kadis Kominfo Elvi Jaya, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Lurah kelurahan Tigo Koto Diateh serta dari pihak LPM, KAN Koto Nan Gadang, Karang taruna dan masyarakat sekitar yg ikut memeriahkan dan menyukseskan perayaan khatam Al-Quran ini. (Rahmat Sitepu)

 
Top