SMAN 2 Payakumbuh Jadi Tuan Rumah Pelaksana Rapat Kerja PAI Se-Sumbar

N3 Payakumbuh - Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mempercayakan SMAN 2 Payakumbuh sebagai tuan rumah Pelaksanana Rapat Kerja Pendidikan Agama Islam se Sumatera Barat pada bulan Maret 2018, mendatang. Selain itu, Kakanwil juga sangat apresiasi dengan kegiatan Rohis yang dilaksanakan di kampus yang menjadi sekolah rujukan nasional ini, hal tersebut disampaikan Kakanwil melalui kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, H. Kardinal saat meninjau langsung pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Payakumbuh di Jalan Meranti No. 20 Bukit Sitabur, Payakumbuh Timur, kota Payakumbuh, Selasa (13/2) kemarin.

Sebagaimana diterangkan Kepala Kankemenag Asra Faber, selama ini koordinasi kita dengan Diknas pendidikan khususnya PAI, sangat berjalan optimal. Tidak hanya di madrasah, program tahfidz di Pemko Payakumbuh sangat bagus. Para pemenang hafidz juga dihadiahi umrah oleh Walikota.

”Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Payakumbuh sudah mendapatkan prediket nasional bahkan hingga internasional. Salah seorang siswa kita yang hafidz, Imam bahkan sudah sering diundang ikuti olimpiade. Dalam menunjang program PAI, bahkan siswa tidak merasakan liburnya, mereka mabit di Harau sambil memperlancar hafalan bersama Ustadz Amru Siregar didampingi Kepsek dan Guru PAI. Walaupun saat ini, SMAN 2 Payakumbuh kekurangan Guru PAI, namun semangat tak luntur. Ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan di sekolah ini. Program ini sangat mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk komite. Belum lama ini, MGMP PAI Ka. Agam juga melakukan studi banding di sekolah kita ini," terang Asra Faber.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Payakumbuh.Hj. Irma Takarina, mengungkapkan, saat ini kita sedang menyiapkan khatam tahfidz untuk 48 orang siswa, minimal hafidz 2 juzz. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 100 %, karena tahun lalu hanya 22 orang.

"Sebagai penghargaan untuk para hafidz saat ini kami dari majlis guru sudah mengumpulkan infaq sebagai reward untuk mereka. Mohon doa, semoga sekolah bisa mengumrahkan mereka juga," ulas Irma Takarina.

Melanjutkan peninjauan, rombongan Kabid Pakis meninjau kantin Sehat tempat para siswa melakukan sarapan dan makan siang, secara terpusat dan dikelola secara baik oleh pihak sekolah.

" Kami namakan kegiatan hari ini dengan KABID PAKIS MENYAPA. Harumnya nama SMAN 2 Payakumbuh sudah kami dengar, dan sekarang kami tinjau langsung. Ternyata benar. Meskipun ini baru kunjungan kami secara pribadi di SMAN 2 Payakumbuh, kami sangat kagum dan pantas saja sekolah ini sebagai sekolah rujukan. Raker PAI pada bulan Maret akan kita gelar di SMAN 2 Payakumbuh. Mohon Kepala Sekolah dan Kepala Kankemenag, menyanggupinya. Kami sudah tinjau aula dan tempat lainnya, sekolah ini sangat cocok untuk dijadikan contoh bagi 19 Kota/Kab, nantinya," kata Kardinal.. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post