N3 Payakumbuh - Puluhan siswa MTsS Syech Ibrahim Harun (SIH) bantu warga dirikan tenda di halaman Mesjid Baiturrahman sawah Kubang Kelurahan Payobasung Kec. Payakumbuh Timur yang ambruk pada Sabtu (27/01/2018) lalu.

Perilaku spontanitas ini bertujuan untuk membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan yang rutin digelar masyarakat setempat. Sebelumnya proses pembersihan reruntuhan bangunan mesjid telah dilaksnakan tim gabungan, ungkap ketua Pembina Pramuka Junaidi Riko Putra kepada wartawan, Sabtu (3/2) di lokasi bencana.

Ditambahkannya, pendirian tenda ini merupakan inisiatif keluarga besar MTsS SIh untuk meringankan derita warga. Berdasarkan kesepakatan pada hari Ahad, bahwa warga tetap akan melaksanakan shalat wajib dan shalat Jum'at di pekarangan mesjid. Meskipun harus di bawah tenda. Karena kita di MTsS SIH memiliki tenda pramuka dan tenda pendukung lainnya, tenda itulah yang sengaja kita pasang di halaman mesjid.

"Dengan dipasangnya tenda ini, kita bisa minimalisir berbagai kemungkinan yang akan terjadi, termasuk hujan. Dan mengerahkan siswa pramuka dibantu siswa lainnya sebagai perwakilan tiap tingkatnya," ungkap Junaidi.

Sementara Wawako Erwin Yunaz, sangat mengapresiasi terhadap rasa kepedulian siswa MTSS SIH.

"Kita sangat apresiasi dengan kepedulian siswa ini, hal ini perlu dipupuk dan ditingkatkan. Setahu kami, siswa kepanduan MTsS SIH juga aktif membantu mendirikan tenda untuk korban kebakaran yang ada di wilayah Payakumbuh. Rasa spontanitas ini kita harapkan menular kepada sekolah lainnya di Payakumbuh," pungkas Erwin Yunaz. (Rahmat Sitepu)

 
Top