N3 Payakumbuh - Semarak Hari Pers Nasional (HPN) 2018 ternyata juga singgah ke Kota Payakumbuh. Meski Presiden Jokowi tidak hadir berkunjung, setidaknya kehadiran 230 orang anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berkunjung ke kota Payakumbuh, Kamis (08/02) siang setidaknya membawa efek positif bagi kota Payakumbuh dalam gelaran HPN 2018 ini.

Turut hadir menyambut rombongan Asisten II Amriul Dt. Karaiang, Kadis Pariwisata Elfriza Zaharman, Kadis Kominfo Elvi Jaya, Kadis Perhubungan Adrian dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

Asisten I Yoherman dalam sambutannya ketika menerima rombongan IKWI di Pondok Promosi Kota Payakumbuh Kawasan Ngalau, Kelurahan Pakan Sinayan, mengatakan, kita patut bersyukur, dengan kehadiran sekitar 200 an anggota IKWI yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia, dan ini sekaligus dapat mempromosikan daerah kita baik wisata maupun kuliner khas Kota Payakumbuh.

Selepas disambut dengan tari gelombang rombongan langsung menyerbu masuk ke dalam pondok promosi dan melihat berbagai produk makanan, dan kerajinan yang tersedia.

Puas berbelanja dan cuci mata di pondok promosi, pimpinan rombongan Ny.Rahmi menerima cendramata berupa plakat dari Asisten I Yoherman. "Sebagai tanda bahwa ibu ibu IKWI pernah mengunjungi Kota Payakumbuh, kami menyiapkan plakat lambang Kota Payakumbuh sebagai kenang kenangan," ujar Yoherman dan dibalas dengan penyerahan Plakat dari pengurus IKWI Pusat.

Ditambahkan Ketua IKWI Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan kabupaten 50 Kota), Ny.Yusrizal, mengatakan, kami sengaja membawa rombongan IKWI ke Pondok Promosi untuk memperkenalkan kota Payakumbuh yang kaya dengan produk makanan olahan dan kerajinannya.

Sementara salah seorang anggota rombongan IKWI Pusat yang berasal dari kota Medan Hartati mengungkapkan, kekagumannya dengan keindahan alam Luak Limopuluah. "Pemandangan disini masih sangat alami, tadi sebelum kesini kami sempat mampir ke Lembah Harau kabupaten Limapuluh Kota, pemandangam alamnya masih alami dan eksotis.

“Kedatangan rombongan IKWI dari seluruh Indonesia ke Kota Payakumbuh tidak sekedar berwisata saja. Kami sekaligus belajar dan study banding untuk menambah ilmu pengetahuan, sebab sebagai istri wartawan kami harus memiliki wawasan yang luas untuk mengimbangi pekerjaan suami sebagai wartawan," jelas pegawai RRI Medan ini.

Sementara itu, rombongan IKWI asal Propinsi DKI Jakarta Ny. Alex Lumi sangat terkesan dengan minuman kopi kawa daun yang dicobanya. "Wah, itu kopi kawa daunnya enak sekali, mungkin selama saya hidup, itu minuman terenak yang saya minum", ujar Ny.Alex Lumi yang terlihat paling senior dibanding rombongan IKWI yang lain.

Dikatakan dirinya sangat menikmati kuliner yang disuguhkan kota Payakumbuh. "Makanan dan minumannya enak enak, pantaslah Payakumbuh sangat dikenal dengan kulinernya", pungkas Ny. Alex yang suaminya bertugas sebagai  wartawan istana kepresidenan (Rahmat Sitepu)
 
Top