N3, Sumbar ~ Turunnya nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Sumbar pada tahun 2016 yakni 54,41 membuat pemerintah provinsi Sumbar merumuskan sejumlah upaya untuk mengusahakan naiknya nilai IDI tersebut pada tahun mendatang.

Bertempat di ruang rapat Sekda Sumbar, pada Rabu (21/02), dilaksanakan rapat koordinasi oleh Badan Kesbangpol Sumbar bersama Badan Pusat Statisik (BPS) dan pihak pihak terkait, membahas turunnya nilai IDI tersebut serta upaya upaya yang diperlukan untuk meningkatkannya.

Tingkatkan IDI Sumbar, Sekda Sumbar arahkan optimalisasi Pokja IDI.Rakor dipimpin oleh Sekda Sumbar dan dihadiri oleh Deputi I Kementerian Koordinasi Politik, Hukum dan Keamanan RI, Janiruddin. Dalam kesempatan tersebut, BPS Sumbar memaparkan hasil IDI Sumbar tahun 2016 serta cakupan aspek, variabel maupun indikator yang mengalami penurunan, diantaranya terkait kaderisasi di tubuh partai politik dan transparansi anggaran.

Pada kesempatan tersebut, Deputi I Kemenkopolhukkam juga menyampaikan beberapa hal terkait IDI serta upaya upaya untuk mendorong peningkatan capaian IDI 2017. Diantaranya rencana optimalisasi kelompok kerja IDI Sumbar dalam bentuk focus grpup discussion serta penyusunan program dan kegiatan yang mendukung peningkatan capaian IDI.
 
Top