N3, Pessel ~ Banyak hal soal makanan kecil masyarakat Sumatera Barat yang unik dengan spesifik disetiap daerah yang beraneka ragam rasa. 

Hal ini saat rombongan sespri Wakil Gubernur Nasrul Abit yang melakukan perjalanan pulang dari Air Haji ke Padang iseng singgah di jl. Raya Tepi Bandar Pasar Kuok Batang Kapas Pesisir Selatan ada merek kecil tertulis "Panukuik Enggi"

Hari masih menunjukan pukul 16.15 WIB,  perut memang tidak lah terlalu lapar,  akan tetapi kepulan asap serabut kelapa dan menepul ringan memberi daya tarik tersendiri untuk singgah.Menikmati kopi segelas dan penukuik hangat-hangat sepiring.

"Duh enak dan gurih rasa pinukuik,  rasa kelapanya yang khas dab harum",  ujar Rotian mencoba saja lebih dari dua. 

"Wouw, asik juga sesuatu yang mengasikan juga menikmati makan ini,  enaknya dibawa pulang juga untuk keluarga di rumah", pinta Leni salah satu staf wanita paling sibuk jika dikantor. 

Kami menikmati panukuik Eggi, sambil bercerita santai, menikmati segelas kopi hitam menambah aroma enaknya pinukuik Eggi. 

Ketika kami tanya,  Enggi pemilik penukuik  telah berusia 65 tahun, dan memulai usaha sejak tahun 1990, sudah banyak suka dan duka.  Alhamdulillah makanan pinukuiknha semakin hari semakin banyak peminatnya. 

Hampir setiap mobil yang lewat singgah sejenak menikmati pinukuik dan meminta juga dibungkus dibawa pulang, sebagai buah tangan " pembuka pintu rumah ".

Enggi juga menyampaikan produktifitas sehari lebih kurang 7.000 buah, yang dimulai sejak jam 5.00 pagi. Pinukuik Enggi sungguh enak dan gurih sudah sangat terkenal didaerah ini . 

Batang Kapeh ada berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Painan ibukota Pesisir Selatan dan ada 94 km dari Kota Padang. Memang jauh dari kota Padang,  tapi jika saudara melewati daerah,  singgahlah jika ingin menikmati pinukuik Enggi yang enak dan gurih.

Catatan perjalanan Zardi Syahrir
 
Top