N3 Payakumbuh  - Dalam upaya membentuk personil yang tangguh dan berkualitas, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP dan Damkar) mengadakan pelatihan Peningkatan Kemampuan Personil. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz pada Senin (19/02) di Pelataran Parkir Gelanggang Pacu Kuda Kubu Gadang Kota Payakumbuh.

“Personil Pol PP dan Damkar harus tangguh, fisik harus kuat dan teruji, karena beban kerja menuntut kesiapan fisik yang prima disamping juga mental. Jadi diperlukan pelatihan secara kontiniu untuk menjaga kebugaran”, ujar Wawako Erwin dalam sambutannya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Satpol PP dan Damkar Devitra beserta para kepala bidang,  Danramil Payakumbuh Kapten Jhoni Forta beserta instruktur dari Koramil Ifnusril dan Yulianto serta peserta pelatihan sebanyak 30 orang. Pelatihan direncanakan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 19 s/d 22 Februari 2018.

“Saya minta kepada anggota Satpol PP dan Damkar untuk senantiasa melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab. Jagalah wibawa kita sebagai aparatur negara sekaligus pelayan bagi masyarakat, karena yang bisa menjaga nama baik kita selaku aparat ya kita sendiri”, ingat Wawako Erwin.

Ditambahkan, disamping memiliki fisik yang bugar, personil Satpol PP dan Damkar juga mesti menguasai berbagai keterampilan terutama yang terkait dengan tugas pokok dilapangan.

“Anggota Pol PP  dan Damkar jangan sekedar kuat fisik saja tapi juga harus punya skill. Kami minta para pelatih membekali peserta dengan keterampilan praktis, seperti prinsip-prinsip pengamanan dan teknik pengaturan lalu lintas”, jelas Wawako Erwin.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Devitra mengatakan kegiatan pelatihan tersebut sengaja diangkatkan untuk meningkatkan skill personilnya agar mampu mengemban tugas dengan baik.

“Kita ingin anggota punya skill lapangan yang memadai, skill pengamanan, praktek PBB, tata berupacara/ apel dan pengaturan lalu lintas adalah diantara materi yang akan kita berikan kepada mereka”, pungkas Devitra. (Rahmat Sitepu)
 
Top