N3 Payakumbuh – Sebagai bentuk keprihatinan terhadap musibah di Payobasuang Kakanwil Kemenag Sumbar menyerahkan bantuan awal kepada pengurus masjid Baiturrahman yang ambruk kelurahan Payobasuang kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (6/2).

Dalam ungkapan prihatinnya, Kakanwil Hendri sampaikan maaf baru bisa hadir di lokasi hari ini. Kami sangat minta maaf karena terlambat atau tidak dapat hadir, saat musibah datang. Pada saat bersamaan, kami akan berangkat menuju Kementerian Agama RI di Jakarta untuk mengikuti Rakernas. Sekali lagi kami mohon maaf kepada pengurus.

“Dengan komunikasi yang baik, kami sudah mendapatkan laporan dari kepala kankemenag di daerah, baik dalam lisan dan tulisan. Duka ini juga sudah kami lapokan kepada Menteri Agama dan Dirjen Bimas Islam. Sekali lagi kami mohon maaf atas keterlambatan ini," ungkapnya.

Sementara itu pengurus Masjid Baiturrahman Riswandi didampingi tokoh-tokoh masyarakat Payobasuang, mengucapkan terima kasih dan kedatangan jajaran Kankemenag meninjau langsung kondisi mesjid kami sudah merupakan sitawa sidingin (penawar-red) bagi masyarakat kenagarian Payobasung.

Sambil menceritakan sejarah mesjid dan kronologis kejadian yang memilukan hati kepada Kakanwil, Riswandi menyebutkan, mesjid kita ini adalah mesjid kenagarian Pak yang telah kami bangun pada tahun 1922 lalu.

Saat ini kami secara pribadi masih sangat trauma dengan ambruknya mesjid. Rencana masyarakat kedepan adalah membangun kembali mesjid ini. Kami dari panitia juga sedang kebut perlengkapan administrasi sebagaimana arahan Walikota Payakumbuh dan Kepala Kankemenag. Gambar saat ini juga sedang digarap. “Panitia bersama masyarakat juga sedang merancang perluasan areal mesjid, agar memiliki lokasi parkir yang memadai. Untuk pelaksanaan, shalat Jum'at kita manfaatkan pekarangan mesjid dengan memanfaatkan 3 buah tenda besar. Saat ini tukang sedang bekerja membuat ruangan darurat," terang Riswandi.

Usai menerima bantuan dana awal dari kakanwil Kemenag Sumbar, Ketua pengurus mesjid bersama tokoh masyarakat beserta Kakanwil meninjau semua lokasi mesjid. Kakanwil juga menyempatkan diri meninjau ruangan MDTA Mesjid Baiturrahman yang saat ini disulap menjadi ruangan pusat pelaksanaan kegiatan keagamaan. (Rahmat Sitepu)
 
Top