N3 Payakumbuh - Bersama BTN Bukittinggi dan PT Irawati Palano Jaya baru-baru ini di aula Dinas Pendidikan yang diikuti 30 peminat program KPRS, Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan berusaha memberikan alternatif dan solusi  bagi guru yang belum punya rumah pribadi dengan mendukung program KPRS dari Kementerian PUPR yang kerjasama dengan Kemdikbud RI dalam memfasilitasi penyediakan  rumah subsidi.

Disampaikan Kadis Pendidikan AH. Agustion didampingi Kabid PTK, H Dasril kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (8/2) dalam Sosialisasi Persyaratan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kepemilikan Rumah Sejahtera (KPRS) kemarin, kita menjelaskan dengan adanya kepemilikan rumah atas nama pribadi, insyaallah dapat meminimalisir masalah yang mungkin saja bisa terjadi suatu saat pada ASN. Kita memang tidak mengharapkan masalah terjadi, tapi data yang pernah kita selesaikan salah satunya disebabkan ASN kita masih ngontrak atau masih numpang di rumah mertua. “Kita akan bahagia jika rumah itu milik kita pribadi, sehingga kita fokus dalam kegiatan apa saja. Walau jelek tapi milik kita," ungkapnya.

Sebelumnya, Pihak BTN Bukittinggi Yega, mengatakan dalam KPR / KPRS ASN mendapatkan bantuan subsidi uang muka Rp 4.000.000 dari Kementerian PUPR dan dibantu urusan bantuan  Bapetarum.

"Perumahan subsidi  dengan Suka Bunga 5 % s/d jangka Waktu yang sesuai akad disepakati dan ditentukan, maksimal 20 tahun. DP KPR subsidi ada tiga pilihan: 10%, 5% dan 1%  dari plafond harga rumah Rp. 130.000.000. Peminat dikenakan biaya - biaya Bank antara lain, biaya Adm 250 ribu, biaya Notaris 250 ribu dan biaya Provisi bank 500 ribu, " sebut Yega.

Adapun syarat wajib bagi calon Debitur, belum memiliki rumah, tidak memiliki masalah  BI checking, gaji pokok maksimal Rp 4.000.000, memiliki NPWP.

Sementara itu, pihak developer  PT.Irawati Palano Jaya, Irawati sebutkan pilihan lokasi kepada peminat KPR /KPRS, antara lain, Pulai Kel.Talang Kec.Payakumbuh Barat( Sudah siap bangun), Talago Aur Kuning Kec.Payakumbuh Selatan dan Padang Jariang Randah Limbukan Kec.Payakumbuh Selatan.

"Bagi peminat serius dapat melihat ke lokasi mendaftar dan langsung datang ke Bidang PTK Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh," ulasnya (Rahmat Sitepu)
 
Top