N3 Payakumbuh - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh gelar rapat pembentukan pengurus Specials Olimpic Indonesia (SOIna)di aula restoran Ngalau Indah, baru-baru ini.

Hasil dari rapat ini menghasilkan terpilihnya Hasan Basri sebagai ketua SOina Periode 2018-2023. dan selanjutnya Ketua terpilih akan langsung melengkapi susunan pengurus secepatnya,ungkap Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Doni Saputra kepada wartawan, Jumat (16/2) di Payakumbuh.

Dikatakan SOina merupakan organisasi yang mewadahi olahraga penyandang keterbatasan tuna grahita. “Berangkat dari Gerakan Penyandang Disabilitas Intelektual yang bertujuan agar mereka memperoleh pengakuan, kesempatan dan kesetaraan di masyarakat,” terang Doni Saputra.

Doni juga mengungkapkan, pengurus SOina ini baru pertama kali dibentuk di Kota Payakumbuh, tentu diharapkan pengurus baru segera berkoordinasi dengan pengurus Provinsi untuk membuat program tahunan, mempelajari ad/art, melengkapi data atlit, pelatih, ofisial serta fasilitas penunjang lainnya.

Doni Saputra juga berharap nantinya SOina dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dan kompetisi olahraga tuna rungu dan seluruh kegiatan yang dilakukan bagi penyandang disabilitas,” harap Doni Saputra.

Sebelumnya, Ketua SOina terpilih Hasan Basri mengatakan, untuk atlit potensi SOina di Payakumbuh kita telah miliki atlit dicabang catur dan lari. Agenda terdekat SOina Kota Payakumbuh adalah mengikuti Pornas SOina ke VIII di Pekanbaru pada bulan Juli 2018 mendatang.

Hasan Basri juga menambahkan, salah seorang atlit SOina kota Payakumbuh di cabang Catur putri, Khairunnisa lolos untuk mengikuti Special Olympics World Summer Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang sebelumnya telah keluar menjadi no 2 terbaik Nasional. ”Untuk itu kami mohon dukungan dari Pemko Payakumbuh dan kita semua demi kelancaran dan kesuksesan SOina Kedepan,” pungkas Hasan Basri.

Pembentukan pengurus SOina ini di keluarkan berdasarkan Surat Dua Menteri, Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Kota serta Surat Gubernur Sumatera Barat, yang mana Pemerintah benar-benar punya perhatian yang sungguh-sungguh.

Rapat pembentukan pengurus ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Doni Saputra, Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Dt. Tavril, perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan Dinas Sosial dan OPD terkait lainnya serta kepala SLB se Kota Payakumbuh. (Rahmat Sitepu)
 
Top