N3 Payakumbuh - Guna mendukung sekolah sehat, Dinas pertanian kota Payakumbuh lakukan pembinaan Gemarikan di TK Adzkia, Kamis (15/2).

Dijelaskan Kadis Pertanian melalui Kabid Perikanan Betri Yetti dalam sambutannya, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat secara luas untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat.

”Gemarikan juga merupakan program nasional yang diimplementasikan di tingkat pusat, daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia," ujarnya.

Dijelaskan Betri Yetti, tujuan dari sosialisasi GEMARIKAN ke sekolah TK adalah Untuk mengenalkan program Gemarikan ikan kepada siswa TK, mengenalkan ikan sebagai hewan air dan ciri-ciri ikan, Memberikan pemahaman kepada siswa Taman Kanak-kanak tentang kandungan gizi dan manfaat ikan untuk kesehatan, kekuatan dan kecerdasan, Menanamkan minat pada siswa SD sejak dini untuk menyukai ikan sebagai makanan sehari-hari, Memotivasi masyarakat untuk melakukan diversifikasi pengolahan perikanan dan Meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Menurutnya, sasaran sosialisasi Gemarikan di tingkat TK, karena anak-anak usia TK tersebut sudah dapat memahami tentang ikan, ciri-ciri ikan, kandungan gizi ikan dan manfaat ikan bagi manusia, sehingga anak-anak TK bisa diarahkan dan diajak untuk menyukai mengkonsumsi ikan.

”Dengan demikian anak-anak akan memahami betapa penting dan bermanfaatnya ikan bagi tubuh terutama bagi kesehatan dan kecerdasan mereka, sehingga mereka akan menyukai untuk mengkonsumsi ikan," simpul Betri Yetti. (Rahmat Sitepu)

 
Top