N3 Payakumbuh - Dinas Pertanian dan Perikanan kota Payakumbuh persiapkan lomba kinerja Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) kelurahan dan lomba implementasi Gerakan makan Ikan (Gemarikan) pada kurikulum PAUD tahun 2018 se Kota Payakumbuh.

Dikatakan Kadis Pertanian melalui Kabid Perikanan Betri Yetti kepada wartawan, Selasa (6/2) di ruang kerjanya, ikan merupakan salah satu makanan yang mudah didapat. Ikan adalah sumber protein yang tinggi dan lengkap dengan Omega 3 yang sangat baik untuk otak. Untuk itu, mari kita giatkan program Forikan dan Gemarikan mulai dari lingkungan terkecil. Sebelumnya kader Forikan dan Gemarikan sudah mengikuti espose kegiatan yang diikuti sebanyak 10 kader Forikan/Gemarikan kelurahan sebagai perwakilan kecamatan.

“Dalam espose kinerja Forikan dan Gemarikan diikuti sebanyak 10 kader dari kelurahan yang berasal dari 5 kecamatan di Payakumbuh. Espose ini akan kita bagi dalam 2 kelas kategori penilaian, pertama lomba kinerja Forikan di kelurahan dan kedua Lomba implementasi Gemarikan pada kurikulum PAUD. Kita akantampilkan espose ini secara loting dengan durasi espose 10 menit,"ungkap Betri Yetri.

Sebelumnya Ketua Forikan kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi sampaikan apresiasi kepada 10 kader yang ikut dalam kegiatan ini. Merupakan langkah baik bagi kita dan lomba ini perdana kali kita gelar untuk kelurahan mewakili kecamatan di tingkat Kota yang akan kita lanjut di tingkat provinsi.

”Untuk mensukseskan dan mengoptimalkan Forikan dan Gemarikan ini, kami harapkan kelurahan dan kecamatan jangan hanya menunggu, tapi semua bergerak dari kelurahan, sehingga di kecamatan akan bergerak sendirinya. Tidak ada lagi istilah ditunjuk tunjuk lagi sebagai perwakilan, tapi bersaing untuk menjadi terbaik," ulas Henny.

Ditambahkannya, demikian juga di seluruh PAUD, aplikasikanlah gerakan makan ikan. Untuk mendukung program ini, pemerintahan kecamatan dan kelurahan tolong anggarkan !. Itu sebabnya Ketua Forikan dipercayai pada Ibu Lurah, sebagai pendukung terlaksananya program secara optimal," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top