N3 Payakumbuh - Bertemakan "Sayangi Bumi Bersihkan dari Sampah", dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Bumi (HB) tahun 2018 Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Gerak Jalan Sehat dan Aksi Kebersihan, Sabtu (24/2).

Gerak jalan sehat dilepas Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Iqbal Barmawi dan di dampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jhon Kenedi. Gerak jalan ini dimulai star dari lapangan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, sampai bundaran Pakan Sinayan Koto Nan Ampek terus simpang terminal dan kembali Finish di Ngalau Indah Medan Nan Bapaneh.

"Gerak jalan sehat ini merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari kemarin," ujar Jhon Kennedy kepada wartawan disela-sela kegiatan berlangsung.

Diharapkan dengan adanya gerak jalan ini, masyarakat mengetahui bahwa ada HPSN dan mereka peduli sampah dengan cara tidak sembarangan membuang sampah.

Dikatakan, memanfaatkan momentum HPSN saat ini dan HB yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang, Dinas Lingkungan Hidup mengagas gerakan Tiga Bulan Bersih-bersih Sampah (TBBS).

"Tiga bulan kedepan kita akan kampanye massif tentang kota Payakumbuh bersih dari sampah melalui gerakan TBBS. Dan mudah-mudahan terbentuk karakter masyarakat yang peduli sampah khususnya di kota Payakumbuh," ulas Jhon Kenedi.

Dipenghujung gerak jalan sehat, ratusan peserta diberikan hadiah Doorprise yang telah disediakan oleh panitia.  (Rahmat Sitepu)
 
Top