N3 Payakumbuh - Sebuah terobosan diambil Dinas Arsip dan Perpustakaan (DAP) Kota Payakumbuh untuk mempermudah akses masyarakat terhadap buku dan referensi. Sejak awal tahun  2018, DAP membuka layanan pada Hari Sabtu dan Minggu.

Kepala DAP Kota Payakumbuh Zulinda Kamal melalui Kepala Bidang Perpustakaan Friza Susanti mengatakan bahwa layanan akhir pekan sengaja dibuka dalam rangka memenuhi aspirasi warga kota akan akses perpustakaan pada hari libur.

“Banyak pengunjung pustaka khususnya para pelajar berharap, Perpustakaan Kota Payakumbuh tetap buka pada Hari Sabtu dan Minggu, karena pada hari biasa mereka baru pulang sekolah jam setengah empat, jadi tidak sempat lagi berkunjung ke perpustakaan”, ujar Friza saat ditemui di ruang kerjanya Sabtu (17/02).

Dikatakan, layanan akhir pekan dibuka setengah hari dari pukul 08.00 s/d 12.30 WIB. “Alhamdulillah sudah satu bulan kami buka layanan akhir pekan, tingkat kunjungan cukup ramai, bahkan pada Hari Minggu pengunjung lebih banyak dari hari biasa”, terang Friza didampingi staf Perpustakaan Ipil Susanti.

Dikatakan Friza, disamping pelajar, pengunjung layanan akhir pekan juga berasal dari berbagai kalangan. “Sejauh ini pengunjung banyak dari pelajar dan mahasiswa, akan tetapi kalangan PNS dan Ibu Rumah Tangga juga banyak berkunjung, rata-rata mereka menjadi pengunjung sambil mengantar anak mereka kesini”, ujar Friza.

Sementara itu, salah seorang pengunjung perpustakaan Rahmat, mengatakan sangat terbantu sekali dengan adanya layanan perpustakaan pada Sari Sabtu dan Minggu.

“Kami sangat terbantu sekali dengan adanya layanan pada hari libur, seperti hari ini saya dan teman-teman membutuhkan buku referensi untuk acara kampus besok, kalau pustaka tidak buka kami cukup kesulitan mencari buku tersebut”, terang rahmat yang merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Unand Kampus Payakumbuh.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh saat ini memiliki koleksi buku sebanyak 12.357 eksemplar dengan jumlah judul sebanyak 5.351 judul..(Rahmat Sitepu)
 
Top