N3,Sarolangun- Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Kamis ( 01/02 ). Melakukan peresmian pembangunan Ground Breaking PLTU Jambi I  2 X 300  Mega Watt. Acara tersebut bertempat di Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun.
Acara Tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Hillalatil Badri, Sekretaris Daerah Tabroni Rozali, Kapolres Sarolangun Akbp Dadan Wiralaksana, Kepala Bappeda Ir Dedi Hendri, Kadis PU Ibnu Ziyadi, Camat Mandiangin. Sedangkan dari pihak perusahaan hadir Direktur SSP Sadiman, Direktur Jambi Power Ahmad Ilham, Direktur Utama DNC Mr. Frank, Direktur JPC, Rendi, Ny Doris, Mr. Ceng.

Disamping itu, Bupati Drs.H Cek Endra  juga mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan. Menurut bupati, krisis listrik bukan hanya terjadi sarolangun akan tetapi Provinsi masih membutuhkan pasokan tambahan energi listrik,

“Alhamdulillah, sejak lima tahun lalu kita berjuang mengupayakan PLTU skala besar ada di Sarolangun dan hari ini terwujud juga, tentunya ini adalah langkah kita mengatasi kekurangan listrik baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Yang harus kita syukuri ini ada tempat kita.” Kata Bupati Sarolangun.

CE juga menambahkan, Apabila perusahaan PLTU telah berjalan, dirinya berharap. Selain berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga terhadap industri serta tenaga kerja yang ada dalam daerah maupun di luar daerah.

“Nah, harapan kita juga ini bisa berdampak ekonomi bagi masyarakat kita, baik itu di bidang industri maupun ekonomi lainnya. Untuk bahan baku kita menggunakan potensi batu bara yang ada di wilayah kita khususnya mandiangin, jadi kita tidak repot lagi jual batu bara keluar daerah.” Harapnya.

Lebih lanjut, Bupati Sarolangun Drs.H.Cek Endra  mengucapkan terimakasih kepada pihak kementrian BUMN yang telah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan cita-cita dalam mengatasi krisis energi di Sarolangun dan itu semua tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pemerintah dengan Grup Konsorsium .



"Untuk mengelola Tekhnologi besar ini tentunya butuh kerja keras, atas nama pemerintah saya ucapkan terimakasih kepada grup Konsorsium. Harapan kita, dengan adanya PLTU skala besar ini dapat mendorong industri di provinsi Jambi bahkan skala nasional nantinya”.Tutur Bupati Sarolangun.

Sementara itu, Direktur Jambi Power Ahmad Ilham Radyid, juga berkomitmen akan mengakomodir tenaga kerja yang profesional sebab PLTU tersebut adalah perusahaan besar yang bekerja sama dengan pihak BUMN Indonesia Power dan Jambi Pawer.

“Soal tenaga kerja kita komit mengakomodir tenaga kerja lokal baik skill maupun non skill, namun sarjana putra daerah nantinya akan kita kursuskan atau kita diklatkan dulu, setelah itu baru kita perkerjakan disini. Jadi ini tidak asal-asalan ini juga perusahaan besar dan profesional tentunya membutuhkan orang orang ahli nantinya.” Jelasnya.

Secara tekhnis, bahwa PLTU yang akan dibangun ini adalah terbesar di wilayah Sumatera, dengan kapasitas 2 X 300 Mega Watt yang bisa mengakomodir energi listrik wilayah jambi bahkan di luar provinsi jambi.

“PLTU ini adalah terbesar di wilayah sumatera, bayangkan saja 2 X 300 Mega Watt. Kemudian juga kita akan mentargetkan 2020 bisa selesai namun sesuai permintaan bupati jika bisa dipercepat 2019.” Tandasnya. (nal/husnil).

(Sumber : Pena Jambi)
 
Top