N3 Payakumbuh - Memaksimalkan kinerja dan jalannya program, Badan Wakaf Indonesia (BWI) kota Payakumbuh menggelar audiensi dengan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Selasa (6/2) di ruang kerja Walikota Payakumbuh.

Dalam Audiensi tersebut Pembina BWI Asra Faber menyampaikan, sebagaimana Wakaf tunai yang di Lounching Walikota pada tanggal 3 Januari 2016 lalu, wakaf tunai ini merupakan salah satu program inti dari BWI kota Payakumbuh. Saat ini dana yang telah terkumpul di BWI sekitar 73 juta rupiah yang berasal dari wakaf tunai ASN jajaran Kankemenag kota Payakumbuh.

”Demi optimalnya program wakaf tunai ini di Payakumbuh, kami dari pengurus mohon dukungan program yang telah Bapak Walikota launching. Selain itu, BWI juga belum memiliki sekteraiat, saat ini masih numpang di Mushalla Baiturrahmah Sawah Padang. Kita bercita-cita, kelak BWI kota Payakumbuh menjadi percontohan nasional dalam pengelolaan wakaf umat," kata Asra Faber.

Sementara itu Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Kabag Kesra Ul Fakhri mengatakan, kami mendukung sekali program wakaf ini. Kami akui secara pibadi, memang wakaf di Payakumbuh saat ini belum terorganisir dan terakomodir secara baik. Untuk itu kepada Kabag Kesra kami perintahkan, untuk menyurati pimpinan OPD dan Kepala sekolah yang ada di Payakumbuh secepatnya.

”Untuk mendukung program wakaf yang dibawahi BWI, insyaallah diatas tanggal 20 Februari 2018 ini, kita akan gelar rapat koordinasi untuk membahas hal ini. terkait belum tersedianya sekretariat BWI di Payakumbuh, silahkan pakai bangunan yang ada di Pasar Rakyat yang terletak di Padang kaduduak kelurahan Tigo Koto Diateh," sebut Riza Falepi.

Ditambahkan Riza Falepi, untuk pemanfaatan bangunan pasar rakyat ini, kami harapkan BWI nantinya menjadi fasilisator dan motivator, setidaknya untuk 20 orang pedagang garendong. Insyaallah sebelum bulan Ramadhan datang, Pasar Rakyat Padang Kaduduak akan segera kita maksimalkan pemakaiannya. Kami harapkan pengurus BWI lebih mengedepankan koordinasi dan meningkatkan komunikasi aktif dengan OPD terkait, sehingga program BWI dapat berjalan optimal.

“Kami Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh siap mendukung, demi terbangunnya ekonomi umat. Diharapkan peran BWI mendatang dapat mengurangi ketergantungan pedagang terhadap rentenir," imbuh Riza Falepi.

Silaturrahmi siang itu diakhiri dengan penyerahan regulasi terkait wakaf tunai oleh Ketua BWI Payakumbuh Erman Ali kepada Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. (Rahmat Sitepu)
 
Top