N3, Padang ~ Hari ini, Wakil Walikota Padang, Emzalmi sudah  meninggalkan rumah kedinasan yang ada di Jalan A. Yani No 51, Rabu (31/1), tepatnya pukul 11.00 WIB. Meski masih menyisakan waktu dua pekan kedepan, Bakal Calon Walikota Padang ini memilih lebih awal meninggalkan rumah berlantai dua tersebut.

Terlihat Emzalmi didampingi sang istri Rosmawati keluar dari pintu utama dengan senyum sumringah. Mengenakan kaca mata hitam, baju koko hitam dan celana bahan yang juga hitam, mantan Sekda Padang ini melempar senyum. Sedangkan, sang istri tampak mengenakan stelan batik gamis berjilbab biru.

"Sudah kangen dengan rumah di Pasar Baru. Di sini kan lebih formal, kalau di sana lebih asri. Ada air mengalir, pepohonan dan suara burung. Juga lebih dekat dengan masyarakat," kata Emzalmi sembari mengunci rumah dan mengangkat beberapa buah koper.

"Sebagus apapun rumah yang ditempati, namun rumah punya sendiri memang lebih nyaman," tambahnya.

Baginya, rumah dinas yang ditempati merupakan kenangan yang teramat indah selama dirinya menjabat Wakil Walikota. Sebab, rumah itu bukan hanya sekedar tempat beristirahat dengan berbagai fasilitas yang disediakan negara, namun lebih dari itu, rumah sebagai tempat menyelesaikan persoalan masyarakat kecil.

"Pintu ini selalu terbuka. Alhamdulillah, masyarakat yang tadinya datang dengan raut muka yang penuh beban persoalan, dapat keluar dengan muka yang jernih," ujarnya.

Hal sama dijanjikannya saat berada di rumah pribadinya di kawasan Pasar Baru, Jalan Irigasi No.45. "Dengan tangan terbuka saya akan layani masyarakat. Sekalian saya akan menjaga pintu irigasi Gunung Nago," selorohnya.

Ditanya, barang apa yang selalu dibawanya, Emzalmi mengatakan, ada beberapa buku, dokumen dan barang-barang kecil keperluan sehari-hari. "Saya pamit dulu ya. Sebelum ke rumah, mau melayat dulu, ada yang meninggal,"  tambahnya.

Emzalmi langsung meluncur dengan menaiki mobil Toyota Fortuner bernopol BA 1009 BS warna hitam. Dalam mobil terlihat beberapa helai kemeja batik. Emzalmi dan sang istri pun melambaikan tangan. Sebelumnya, Kasubag Aset Bagian Umum, Nasdi menerima serah terima rumah dan mobil.

Tampak empat jenis mobil yang diserahterimakan, diantaranya satu jenis Fortuner, Camry dan dua unit Innova. Selain itu, juga ada empat pegawai dan sembilan orang security.

"Kangen juga sama pak Wawa (Emzalmi, red). Beliau kalau malam sering juga datang ke pos dan ngopi sama kami. Mudah-mudahan beliau selalu diberikan jalan yang terbaik dalam karir dan kehidupannya," ujar seorang security, Yogi. sumber infonusantara
 
Top