N3 Payakumbuh – Dengan Musim kemarau yang terjadi hampir di seluruh daerah di Sumbar, termasuk Payakumbuh sangat berpotensi menyebabkan kebakaran. Seperti kebakaran yang terjadi, Senin (16/1) malam yang meludeskan dua rumah semi permanen dan satu home industri di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh.

Beruntung, tim pemadam dari Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota cepat sampai di lokasi dan api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke tempat lain.

"Musim kemarau ini rawan terjadi kebakaran. Jangankan dari pembakaran sampah dan konsleting listrik, puntung rokok saja bisa menghanguskan rumah," ucap Ahdion, Kasi Operasional dan Kedaruratan Damkar Payakumbuh kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (16/1).

Mengantisipasi itu, dia minta warga berhati-hati jika membakar sampah. Dan periksa semua colokan listrik dan kompor gas saat hendak meninggalkan rumah.

"Kalau bisa, sampah jangan dibakar karena dapat mengundang kebakaran. Lebih baik sampah ditimbun saja. Begitu juga saat hendak meninggalkan rumah, periksa semua instalasi listrik dan kompor gas," lanjut Ahdion.

Selain kebakaran, Ahdion juga mengimbau warga untuk cepat memberikan laporan kepada petugas Damkar dan jangan mengiringi jalan mobil saat operasional.

"Selama ini, setiap armada menuju lokasi kejadian, warga ikut mengejar, bahkan mengabaikan keselamatan. Kami takut nanti ada korban saat kami menuju lokasi kebakaran," kata Ahdion. (Rahmat Sitepu)

 
Top