N3 Payakumbuh - Dalam upaya membangun kebersamaan dalam pembangunan, Walikota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka Ampek Suku bersilaturahmi dengan niniak mamak Koto Nan Ampek di Rumah Makan Pongek Situjuah, Kota Payakumbuh, Selasa, (23/01). Pertemuan ini merupakan lanjutan dari silaturahmi yang sebelumnya dilaksanakan di Kantor KAN Koto Nan Ampek beberapa waktu yang lalu.

"Semangat kita adalah basamo mambangun nagari. Membangun kebersamaan dengan setiap segmen masyarakat begitu penting sehingga semua merasa memiliki daerahnya dan memiliki tanggung jawab bersama dalam pembangunan. Apalagi niniak mamak yang langsung memimpin kemenakannya,” ujar Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. 

Riza mengatakan anggaran pembangunan di nagari Koto Nan Ampek tidak kurang dari setengah trilyun tahun ini. Mulai dari normalisasi Batang Agam, Sport Center, hingga Water Treatment untuk penyulingan Air Batang Agam di Tanjung Pauh. "Semua pembangunan itu tentu sangat perlu dibicarakan dengan niniak mamak," tuturnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Muslim, Camat Payakumbuh Barat Nurdal, dan Pengurus KAN Koto Nan Ampek itu, banyak aspirasi yang disampaikan niniak mamak mulai dari pembangunan jembatan di kampungnya, pemberdayaan anak nagari dalam pemberantasan maksiat sampai penyelesaian status pulau di tengah Batang Agam yang terdampak oleh Normalisasi Batang Agam.

Semua masukan dari niniak mamak bakal ditindaklanjuti Pemko Payakumbuh. "Sangat penting dibangun kesepahaman antara Pemko Payakumbuh dengan niniak mamak agar tidak terjadi salah persepsi terhadap pembangunan di Payakumbuh," kata Riza.

Mantan senator Sumbar itu sadar bahwa peran niniak mamak sangat besar dalam mendukung proses pembangunan Kota Payakumbuh. "Semuanya perlu dibicarakan dengan niniak mamak dalam nagari, pai tampek batanyo pulang tampek babarito," pungkasnya.(Rahmat Sitepu)
 
Top