N3 Payakumbuh - Walikota Riza Falepi meresmikan peluncuran program Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2018, yang ditandai dengan penyerahan bantuan rastra secara simbolis kepada salah seorang warga penerima manfaat di Aula SMKN 2 Payakumbuh, Selasa (30/1).

Dalam acara peluncuran program rastra tersebut, selain dihadiri Walikota, turut pula dihadiri oleh Kepala Sub Divisi Regional Bukittingi Perum Bulog, Sultani, Kepala Dinas Sosial Idris, sejumlah pimpinan OPD, camat, lurah serta warga penerima manfaat.

Dalam sambutannya, Walikota Riza Falepi menghimbau warga atau keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

“Kami menghimbau warga  atau keluarga penerima manfaat untuk mempergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

Jangan sampai bantuan ini dipergunakan untuk hal-hal yang tidak penting,” himbau Wako Riza.

Ditambahkan Walikota Riza, bahwa bantuan ini gratis dan tidak ditebus sama sekali. “ Bantuan Rastra ini tanpa dikenakan harga atau tanpa biaya tebus,” ungkap Walikota Riza.

Menurut Walikota Riza tujuan dan sasaran program rastra adalah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima manfaat melalui bantuan sosial. Sehingga terjadi peningkatan ketahanan pangan dan adanya peningkatan akses pangan secara fisik maupun ekonomi di tingkat KPM.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Idris, menginformasikan bahwa pada tahun 2018 ini, kota Payakumbuh mendapatkan kuota penerima Rastra sebanyak 5745 KK dengan masing-masing memperoleh beras berkualitas medium dengan jumlah 10kg setiap bulannya.

Sedangkan untuk bantuan pangan non tunai (BPNT), pemerintah menyalurkan bantuan tersebut untuk KPM senilai Rp. 110 ribu, yang diserahkan setiap bulannya melalui mekanisme uang eletronik yang digunakan untuk keperluan membeli bahan pangan lainnya di pedagang bahan pangan yang telah ditunjuk dan bekerjasama dengan bank penyalur. (Rahmat Sitepu)
 
Top