N3 Payakumbuh - Sehabis melaksanakan sholat Zhuhur warga kembali dikejutkan dengan raungan sirine mobil Satdamkar yang mengarah ke seputaran Kantor Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Sabtu (27/1) sekitar pukul 13.02 WIB telah terjadi kebakaran yang menimpa sebuah tempat usaha Fhoto Copy milik Huherman (44) dengan Suku Piliang, yang kerap disapa "ombak " (kampuang berasal Pangakalan).

Tempat usaha yang sangat berdekatan dengan Koperasi PGRI Payakumbuh Timur, seketika ludes dilalap si Jago Merah. Tepatnya di Jalan H. Rang Kayo Rasuna Said depan Kadiknas Kota Payakumbuh.

Saat melihat kobaran api yang mulai membesar warga berlarian ke lokasi dan berusaha untuk melawan keganasan si jago merah. Api yang cepat membesar membuat masyarakat sekitar tak bisa berbuat banyak dan membakar habis bangunan foto copy tersebut.

Pihak Damkar yang mengerahan seluruh armada di lokasi tampak berjibaku berusaha menjinakan amukan sijago merah tersebut. Setelah cukup lama berjibaku, akhirnya api mulai bisa dijinakan.

Sementara Kasatpol PP dan Damkar Devitra melalui Kasi Pencegahan dan Ops Damkar Ahdion, menyebutkan, Alhamdulillah api berhasil kita jinakkan. Seluruh armada dikerahkan ke TKP dan dibantu 1 unit dari Damkar Kab 50 Kota, serta dibantu warga sekitar.

”Kami juga pesankan, supaya warga ekstra hati hati dengan sumber api. Apalagi saat ini sedang musim kemarau dan angin juga terlihat berembes. Selain itu, ketersediaan racun api sebagai pertolongan pertama sudah sepatutnya kita perhatikan," tuturnya.

Dikatakan Ahdion di lokasi, Dua armada Damkar 50 Kota turut diterjunkan dalam penanganan peristiwa kebakaran ini dan beruntung dalam kejadian tersebut, tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Sejauh ini, penyebab kebakaran belum diketahui dan tengah diselidiki pihak kepolisian. Dugaan sementara, kebakaran ditimbulkan akibat terjadinya hubungan arus pendek (Rahmat Sitepu)
 
Top