N3,Sarolangun- Kurang lebih selama satu jam Wartawan Nusantaranews.net, berkesempatan melakukan bicang santai bersama Kepala sekolah SMPN 11 Sarolangun. Dalam dialog itu laki – laki kelahiran Desa Tinting kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun, 19 maret 1970 . Menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan, Pertanyaan fokus pada gaya kepemimpinan sebagai kepala sekolah SMPN 11 selama tiga (3) tahun itu.

Terlihat, sekolah yang tertata dan bersih dulunya dalam kondisi yang sangat mengkuatirkan. Berbagai upaya telah dilakukannya supaya sekolah yang dipimpinnya dalam kondisi layak seperti sekarang ini,

“ Tiga tahun silam, kondisi sekolah kami tidak seperti sekarang ini. Saluran air tersumbat dan lapangan sekolah dipenuhi duri dan tidak tertata. Secara bergotong royong  Saya mengajak guru dan anak – anak perlahan untuk membersihkan lingkungan perkarangan sekolah. Namun, Sebelum mereka saya suruh. saya yang harus duluan melakukan pekerjaan itu. sampai –sampai saya sering telat pulang dan jarang libur “. Ungkap Idham Kholid.

Selain itu, Idham Kholid juga menjawab pertanyaan dalam mengatasi permasalahan internal sekolah,

“ Jika ada permasalahan anak disekolah saya harus tau apa penyebab dari permasalahan itu. Salah satu contoh kasus yang pernah, seperti siswa jarang masuk. Sebelum mengambil tindakkan, saya selalu berkoordinasi dengan guru BK. Langkah pertama yang diambil adalah mendatangi keluarganya (orang wali murid) guna untuk mengetahui apa penyebab anak tersebut jarang hadir. Ternyata ketemu, anak jarang masuk lantaran ekonomi yaitu membantu orang tuanya dikebun. Setelah ketemu kita mengambil langkah untuk mengatasi permasalahan siswa tersebut. alhamdulilah teratasi dengan baik. Demikin pula halnya permasalahan yang ada pada guru. Intinya, setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Untuk itu perlu upaya membangun komunikasi yang baik dan juga upaya kedekatan secara emosional antar saya dan bawahan serta anak didik. Harapan saya, Kedepannya cara seperti ini semoga tetap terjaga dan tertata dalam mengatasi masalah tanpa masalah “. Pungkasnya sambil tertawa renyah. (nal)
 
Top